SIREGAR, ASRIYANA (2020) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 GAROGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7161141004 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 7161141004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
3. NIM. 7161141004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4. NIM. 7161141004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
5. NIM. 7161141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
6. NIM. 7161141004 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7161141004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7161141004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 7161141004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
13. NIM. 7161141004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 7161141004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan
belajar dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas
XI IPS SMA Negeri 1 Garoga tahun pelajaran 2019/2020.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode expos facto dimana
metode ini digunakan untuk meneliti hubungan antara sebab dan akibat dan
berdasarkan kajian teori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
XI IPS SMA Negeri 1 Garoga Tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini berjumlah 55 siswa yaitu dari kelas XI IPS-1
berjumlah 17 orang, dari kelas XI IPS-2 berjumlah 19 orang dan dari XI IPS-3
berjumlah 19 orang. Instrument atau pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah observasi, dokumentasi dan angket sebanyak 50 soal. Teknik analisis data
yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikoloniearitas, dan uji
hipotesis dengan menggunakan rumus uji t, uji f dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif dan
signifikan dari X1 ke Y yang ditunjukkan dengan nilai thitung = 3.276, sedangkan
untuk ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai ttabel 2,02 (table t
statistic). Dengan membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel, yaitu
t-hitung X1 3.276 > t-tabel = 2.02 dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. (2) terdapat
pengaruh positif dan signifikan dari X2 ke Y yaitu nilai thitung = 6.725, sedangkan
untuk ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai ttabel 2,02 (table t
statistic). (3) Dengan membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel,
yaitu t-hitung X1 6.725 > t-tabel = 2.02 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Fhitung
(46.629) > Ftabel (2.78) dan sig-p (0,000) < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kedisiplinan, Motivasi Dan Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 05:26 |
Last Modified: | 30 Nov 2020 05:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40863 |