Litduitna, Rika Sulngam (2020) Perbedaan Hasil Menggambar Bentuk dengan Media Konvensional dan Pembelajaran Video Tutorial Karya Siswa SMA Negeri 1 Kutalimbaru Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2143151028 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 2143151028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
3. NIM. 2143151028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4. NIM. 2143151028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM. 2143151028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
6. NIM. 2143151028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 2143151028 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 2143151028 LIST OF GRAPHIC.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 2143151028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
10. NIM. 2143151028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
14. NIM. 2143151028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
15. NIM. 2143151028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil menggambar bentuk
siswa dengan menggunakan media pembelajaran Konvensional dan media
pembelajaran Video Tutorial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karya
siswa kelas X SMA Negeri 1 Kutalimbaru berjumlah 261 karya. Pengambilan
sampel menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh sampel
penelitian yaitu kelas X MIA-1 sebanyak 36 siswa. Pada Kelas X MIA-1 ini
diberi dua tahap tindakan yaitu pengambilan sampel awal dengan proses belajarmengajar
menggunakan media pembelajaran konvensional. Kemudian setelah itu
dilakukan pengambilan sampel yang kedua dengan proses belajar mengajar
menggunakan media video tutorial. Metode pengumpulan data yang digunakan
antara lain metode dokumentasi, observasi dan tes. Penelitian ini termasuk
jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (Quasi-
Eksperimen Design). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai tes
pertama sebesar 71,43 dan nilai tes kedua 82,74. Hasil uji perbedaan rata-rata
menunjukkan bahwa rata-rata nilai kedua lebih baik dari pada nilai pertama.
Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan signifikansi α = 0,5 dengan dk 70 didapat
ttabel = 1,6669. Jadi hasil uji hipotesis diperoleh thitung 5,52 > ttabel 1,66669. Jadi Ha
diterima sekaligus ditolak H0 kemudian kesimpulannya adalah terdapat perbedaan
yang signifikan pada hasil karya menggambar bentuk dengan media pembelajaran
Video Tutorial siswa SMA Negeri 1 Kutalimbaru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Hasil Belajar |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC997 Commercial art. Advertising art |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 05 Jan 2021 03:27 |
Last Modified: | 05 Jan 2021 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40856 |