Mukra, Rizal (2019) ANALISIS SARANA DAN INTENSITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM BIOLOGI SERTA HUBUNGANNYA DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA 4 SEKOLAH NEGERI DI KOTA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Masters thesis, UNIMED.
8176173008 1. COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8176173008 2. Lembar Pengesahan + Persetujuan + Plagiat.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
8176173008 3. Abstrak B. Indonesia + B. Inggris.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8176173008 4. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8176173008 5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8176173008 6. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
8176173008 7. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
8176173008 8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
8176173008 9. Bab I.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
8176173008 13. Bab V.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8176173008 14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelengkapan sarana dan intensitas
penggunaan laboratorium biologi serta hubungannya dengan keterampilan proses
sains siswa pada 4 sekolah Negeri di Kota Medan. Jenis penelitian ini berupa
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dimbil pada 4 sekolah secara
Cluster Sampling, berdasarkan kriteria SMA Negeri di Kota Medan, yaitu MAN
1, MAN 2, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 4 Medan serta guru biologi dan siswa
kelas XI. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa lembar observasi untuk
mengetahui kelengkapan sarana, data intensitas penggunaan laboratorium
diperoleh dari metode wawancara tentang pelaksanaan praktikum biologi, dan
menggunakan soal tes untuk mengukur keterampilan proses sains siswa. Analisis
data menggunakan korelasi Spearman. Hasil dalam penelitian ini adalah
kelengkapan sarana laboratorium biologi berada pada kategori baik (77,34),
intensitas penggunaan laboratorium berada pada kategori tinggi (82,14), dan
keterampilan proses sains berada pada kategori baik (74,74), serta terdapat
hubungan antara kelengkapan sarana laboratorium biologi dengan keterampilan
proses sains dan juga terdapat hubungan antara intensitas penggunaan
laboratorium biologi dengan keterampilan proses sains dengan kategori kuat
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.585/Muk/a |
Keywords: | Sarana, Intenistas, Laboratorium Biologi, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QH Natural history > QH301 Biology S Agriculture > SF Animal culture > SF405.5 Laboratory animals |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Nov 2020 03:54 |
Last Modified: | 23 Nov 2020 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40850 |