Barus, Sanggup (2020) Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Mengontrol Kecerdasan Intelektual pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM 8174424023 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM 8174424023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
3. NIM 8174424023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. NIM 8174424023 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM 8174424023 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 8174424023 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM 8174424023 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. NIM 8174424023 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 8174424023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (723kB) | Preview
13. NIM 8174424023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
14. NIM 8174424023 REFRENCE.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan menulis teks eksposisi mahasiswa dengan mengontrol kecerdasan intelektual pada mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Universitas Negeri Medan pada semester pertama tahun akademik 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Sampel penelitian ini 64 orang yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kovarian (ANKOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan menulis teks eksposisi mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TTW (think talk write) lebih tinggi daripada kemampuan menulis teks eksposisi mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ekspositori setelah mengontrol kecerdasan intelektual; (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan menulis teks eksposisi mahasiswa setelah mengontrol kecerdasan intelektual; (3) kemampuan menulis teks eksposisi mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ekspositori lebih tinggi daripada kemampuan menulis teks eksposisi mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TTW pada mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi setelah mengontrol kecerdasan intelektual; dan (4) kemampuan menulis teks eksposisi mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TTW lebih tinggi daripada kemampuan menulis teks eksposisi mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ekspositori pada mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah setelah mengontrol kecerdasan intelektual.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Bar p |
Keywords: | Think Talk Write Instructional Model; Creative Thinking Ability; Writing Exposition Text Ability; Intellectual Intelligence |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 Nov 2020 09:08 |
Last Modified: | 17 Nov 2020 09:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40798 |