Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Locus of Control terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMA dengan Mengontrol Kemampuan Awal

Sibuea, Parulian (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Locus of Control terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMA dengan Mengontrol Kemampuan Awal. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8174424020 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8174424020 COVER.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8174424020 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8174424020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (809kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8174424020 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8174424020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8174424020 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8174424020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8174424020 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8174424020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8174424020 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8174424020 TABLES.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8174424020 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8174424020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8174424020 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8174424020 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8174424020 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8174424020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (683kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8174424020 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8174424020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8174424020 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 8174424020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (170kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari secara empirik fenomena yang terjadi berkaitan dengan strategi pembelajaran dan locus of control dengan mempertimbangkan variabel pengetahuan awal siswa terhadap hasil belajar, mengetahui perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia antara siswa yang diajar dengan strategi CTL (Contextual Teaching Learning) dan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal, mengetahui perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia antara siswa yang memiliki locus of control internal dan siswa yang memiliki locus of control eksternal setelah mengontrol pengetahuan awal serta mengetahui apakah ada interaksi antara strategi pembelajaran dan locus of control terhadap hasil belajar bahasa Indonesia setelah mengontrol pengetahuan awal. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Sampel dalam penelitian ini adalah 48 orang siswa yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Air Putih yang dipilih secara random. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial digunakan ANAKOVA pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran CTL lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal. (2) hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang memiliki locus of control internal lebih tinggi daripada siswa yang memiliki locus of control eksternal setelah mengontrol pengetahuan awal. (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan locus of control terhadap hasil belajar bahasa Indonesia setelah mengontrol pengetahuan awal. (4) hasil belajar bahasa Indonesia antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran CTL lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, pada siswa yang memiliki locus of control internal setelah mengontrol pengetahuan awal. (5) hasil belajar bahasa Indonesia antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran CTL lebih rendah daripada siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, pada siswa yang memiliki locus of control eksternal setelah mengontrol pengetahuan awal.

(6) hasil belajar bahasa Indonesia antara siswa yang memiliki locus of control internal lebih tinggi daripada siswa yang memiliki locus of control eksternal, pada siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran CTL setelah mengontrol pengetahuan awal. (7) hasil belajar bahasa Indonesia antara siswa yang memiliki locus of control internal lebih rendah daripada siswa yang memiliki locus of control eksternal, pada siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal. Berdasarkan hasil penelitian ini maka untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa dilakukan dengan menerapkan strategi pembelajaran CTL dengan memperhatikan locus of control siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 371.3 Sib p
Keywords: Strategi Pembelajaran; Pembelajaran Kontekstual (CTL); Pembelajaran Ekspositori; Locus of Control
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 17 Nov 2020 09:00
Last Modified: 17 Nov 2020 09:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40797

Actions (login required)

View Item
View Item