INOVASI SUMBER BELAJAR BERBASIS PROYEK DENGAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PENGAJARAN ANALISIS KATION

Sari, Dwy Puspita (2020) INOVASI SUMBER BELAJAR BERBASIS PROYEK DENGAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PENGAJARAN ANALISIS KATION. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8186142002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8186142002 COVER.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8186142002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8186142002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8186142002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8186142002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.8186142002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.8186142002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8186142002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8186142002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8186142002 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8186142002 TABLE.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8186142002 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8186142002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8186142002 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8186142002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8186142002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8186142002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8186142002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8186142002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8186142002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8186142002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan menginovasi sumber belajar berbasis proyek dengan multimedia pada pengajaran analisis kation. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan kimia yang mempelajari mata kuliah Kimia Analitik Dasar di UNIMED. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen akan dibelajarkan menggunakan sumber belajar berbasis proyek dengan multimedia sedangkan kelas kontrol akan dibelajarkan menggunakan sumber belajar pegangan mahasiswa. Sebagai prasayarat uji hipotesis, data hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi kedua kelompok sampel diuji normalitas dan homogenitasnya yang bertujuan agar sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan uji T (Independent Sample T-Test) dengan menggunakan taraf signifikansi 5% (α=0,05). Hasil penelitian diperoleh 1) Sumber belajar yang diinovasi memiliki materi ajar, video pembelajaran, proyek, dan kuis yang dikemas menjadi satu sumber belajar dalam software flipbook maker, 2) Proyek-proyek berbasis multimedia adalah proyek kation golongan I dan golongan II yang didisain dengan diberikan sampel kepada mahasiswa agar dapat membuat rangkaian proyek pemisahan kation, 3) Proyek-proyek didisain dengan sampel yang ada dalam kehidupan sehari-hari sehingga diingat lebih lama oleh mahasiswa, 4) Nilai rata-rata kelayakan sumber belajar yang telah diinovasil yaitu 3,62 dengan kategori valid dan tidak perlu direvisi, 5) hasil rata-rata posttest kelas eksperimen 84 dan rata-rata posttest kelas kontrol adalah 75 yang menunjukkan bahwa sumber belajar berbasis proyek dengan multimedia efektif digunakan untuk meingkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa dan 6) Ada perbedaan peningkatatan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan sumber belajar multimedia berbasis proyek dengan nilai rata-rata 74,4% sedangkan yang menggunakan sumber belajar pegangan mahasiswa dengan nilai rata-rata 63,7% dan 7) Ada perbedaan peningkatatan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa yang menggunakan sumber belajar multimedia berbasis proyek dengan nilai rata-rata 85,35 sedangkan yang menggunakan sumber belajar pegangan mahasiswa dengan nilai rata-rata 66,55. Maka dapat disimpulkan bahwa sumber belajar yang digunakan sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran, agar proses pembelajaran dan materi lebih lama diingat oleh mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 543.072 Sar i
Keywords: Sumber Belajar Berbasis Proyek; Multimedia; Analisis Kation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 13 Nov 2020 05:36
Last Modified: 18 Nov 2020 04:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40773

Actions (login required)

View Item
View Item