PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS ANTARA SISWA KELAS HETEROGEN GENDER DENGAN KELAS HOMOGEN GENDER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI MTS KOTA LANGSA

Wahyuni (2013) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS ANTARA SISWA KELAS HETEROGEN GENDER DENGAN KELAS HOMOGEN GENDER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI MTS KOTA LANGSA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8116171022 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8116171022 Judul.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8116171022 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8116171022 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (803kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8116171022 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8116171022 Abstrak.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8116171022 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8116171022 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5. 8116171022 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8116171022 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8116171022 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8116171022 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8116171022 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8116171022 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8116171022 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8116171022 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8116171022 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8116171022 Bab V.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8116171022 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8116171022 Bab I.pdf - Published Version

Download (834kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8116171022 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8116171022 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis antara siswa kelas heterogen gender dengan kelas homogen gender yang diajarkan melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) di MTs Kota Langsa dan pengaruh antara kemampuan pemecahan masalah, komunikasi matematis siswa terhadap hasil belajar matematik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Kota Langsa. Kemudian dipilih secara acak dua sekolah, seterusnya dari masing-masing sekolah dipilih satu kelas yaitu sekolah heterogen gender dan sekolah homogen gender, yaitu kelas heterogen gender sebagai kelas ekperimen I dan kelas homogen gender sebagai kelas ekperimen II, kedua kelas diberikan model pembelajaran yang sama yaitu model pembelajaran berbasis masalah (PBM). Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah matematis, tes kemampuan komunikasi matematis dan tes hasil belajar matematika siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telas memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,77, untuk kemampuan pemecahan masalah, 0,869 untuk kemampuan komunikasi matematis, dan 0,877 untuk tes hasil belajar matematik. Analisis data dilakukan dengan uji statistic uji-t, uji Mann Whiney, dan uji korelasi bivariat. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis antara siswa kelas heterogen gender dengan kelas homogen gender yang diajarkan melalui model pembelajaran berbasis masalah (PBM) di MTs Kota Langsa serta terdapat pengaruh antara kemampuan pemecahan masalah, komunikasi matematis siswa terhadap hasil belajar matematik siswa. Temuan penelitian merekomendasikan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang digunakan di sekolah dan dibentuknya kelas homogen gender utamanya untuk mencapai kompetensi berpikir tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Wah p
Keywords: Kelas heterogen gender; Kelas homogen gender; Pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan pemecahan masalah; Komunikasi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 06 Jun 2016 05:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4076

Actions (login required)

View Item
View Item