PENGARUH GUIDED INQUIRY LEARNING BERBANTUAN SIMULASI KOMPUTER TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF FISIKA SISWA SMA

RATNA, SALWA DWI (2020) PENGARUH GUIDED INQUIRY LEARNING BERBANTUAN SIMULASI KOMPUTER TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF FISIKA SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8166175020 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8166175020 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8166175020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8166175020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8166175020 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8166175020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8166175020 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8166175020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8166175020 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8166175020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8166175020 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8166175020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8166175020 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8166175020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8166175020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8166175020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8166175020 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8166175020 BAB I.pdf - Published Version

Download (735kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8166175020 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8166175020 BAB V.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8166175020 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8166175020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh guided inquiry learning berbantuan simulasi komputer terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa pada materi fluida statis. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain three group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Al-Ulum Medan semester I Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan diperoleh tiga kelas, kelas pertama adalah kelas eksperimen I menggunakan guided inquiry learning berbantuan simulasi, kelas kedua adalah kelas eksperimen II menggunakan guided inquiry learning tanpa berbantuan simulasi, dan kelas ketiga adalah kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa berupa soal uraian masing-masing terdiri dari 5 soal yang sudah divalidasi. Data pretes dan postes dianalisis dengan menggunakan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guided inquiry learning berbantuan simulasi komputer berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa. Keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa dengan guided inquiry learning berbantuan simulasi komputer lebih baik dibandingkan dengan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa dengan guided inquiry learning tanpa berbantuan simulasi komputer dan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.072 Rat p
Keywords: GUIDED INQUIRY LEARNING; SIMULASI KOMPUTER; KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS; KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Nov 2020 16:47
Last Modified: 13 Nov 2020 04:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40738

Actions (login required)

View Item
View Item