Ginting, Fina Oktavia Br (2020) Efektivitas Model Pembelajaran Integratif dengan Menggunakan Video Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Patumbak Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM.2153311015 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 2153311015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
3.NIM.2153311015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM.2153311015 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM 2153311015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. NIM 2153311015 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 2153311015 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 2153311015 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM 2153311015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
13. NIM 2153311015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 2153311015 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model integratif dengan menggunakan video animasi terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Patumbak tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-6 yang berjumlah 30 siswa dan kelas VIII-7 berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah two group post-test design. Berdasarkan pengolahan data, diproleh hasil belajar siswa dalam menulis teks eksplanasi di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 81,83 sedangkan hasil belajar siswa dalam menulis teks eksplanasi di kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 65,51. Dari uji data yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kontrol, diketahui bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Dari data pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel (-0,1064<0,161), dan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel (-0,1877<0,161). Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari kelompok yang homogen yaitu Fhitung <Ftabel (-0,1064<0,161). Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diproleh t0 sebesar 6,62. Selanjutnya to dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan df= 30,maka diperoleh 2,042. Oleh karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 6,62 >2,042, maka Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa model integratif efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Patumbak tahun pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Teks Eksplanasi; Video Animasi; Model Integratif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 05:22 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 05:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40657 |