PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE (INTRODUCTION,CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, EXTENTION) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA NEGERI 2 MEDAN TP. 2019/2020

KASIBU, M. PRASETYA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE (INTRODUCTION,CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, EXTENTION) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA NEGERI 2 MEDAN TP. 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7133342025 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7133342025 COVER.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7133342025 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7133342025 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (683kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7133342025 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7133342025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7133342025 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7133342025 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7133342025 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7133342025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7133342025 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7133342025 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7133342025 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7133342025 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7133342025 LIST OF ATTACHEMENT.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7133342025 LIST OF ATTACHEMENT.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7133342025 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7133342025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7133342025 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7133342025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7133342025 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7133342025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS SMA Negeri 2 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model Pembelajaran ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extention) lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Medan, Jalan Karangsari No. 435, Sari Rejo, Medan Polonia pada semester genap tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS SMA Negeri 2 Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara acak (Simple Random Sampling), yaitu kelas XI IS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IS 4 sebagai kelas kontrol, dan jumlah sampel diambil menggunakan rumus Slovin yaitu 62 siswa dengan rincian kelas XI IS 3 berjumlah 31 siswa dan kelas XI IS 4 berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir. Teknik analisis data yang digunakan dimulai dari mencari nilai rata-rata, mencari standar deviasi, mencari varians, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil analisis data diperoleh bahwa nilai rata-rata pre test dan post test kelas eksperimen adalah 55,32 dan 79,52. Sedangkan nilai rata-rata pre test dan post test kelas kontrol adalah 55,16 dan 75,32. Dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,246 > 1,671 dengan kata lain Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extention) lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan motode pembelajaran konvensional pada materi Utang Obligasi siswa kelas XI IS SMA Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Creative Problem Solving, Strategi Pembelajaran Induktif, Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 16 Oct 2020 07:12
Last Modified: 16 Oct 2020 07:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40640

Actions (login required)

View Item
View Item