NOVITA, DIANA (2020) ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LAPS- HEURISTIK DAN MODEL PEMBELAJARAN IOC (INSIDE OUTSIDE CIRCLE) PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X SMK SWASTA JAMBI MEDAN TP.2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7153144008 COVER.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
2. NIM. 7153144008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
3. NIM. 7153144008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
4. NIM. 7153144008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
5. NIM. 7153144008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
6. NIM. 7153144008 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM. 7153144008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM. 7153144008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (593kB) | Preview
12. NIM. 7153144008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
13. NIM. 7153144008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan dua model pembelajaran yang berbeda. Model pembelajaran LAPS Heuristik dan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC)di kelas X AP mata pelajaran Kearsipan SMKS Jambi Medan TP.2019/2020.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP di SMKS Jambi Medan yang berjumlah 75 orang yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian menggunakan teknik total sampling dimana seluruh populasi yang berjumlah 75 orang dijadikan sample penelitian. Kelas X OTKP-1 (Eksperimen-1) menggunakan model LAPS-Heuristik dan X OTKP-2 (Eksperimen-2) menggunakan model IOC. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang telah diuji validitasnya dengan 4 pilihan jawaban yaitu a,b,c,d dan e.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas LAPS Heuristik sebesar 86,48 dengan standar deviasi sebesar 6,33. Sedangkan nilai rata-rata kelas IOC adalah sebesar 81,84 dengan standar deviasi 6,51.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = n1 + n2 – 2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,31 dan ttabel 1,6678. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,31>1,6678). maka hipotesis diterima.
Dari hasil penelitian tesebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam penggunaan model pembelajaran LAPS Heuristik dan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X AP SMKS Jambi Medan TP.2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran LAPS Heuristik, Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dan Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 14 Oct 2020 04:42 |
Last Modified: | 18 Oct 2020 14:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40627 |