ERINDANY, ADE RIZKY (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA PRAYATNA 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7151142002 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM 7151142002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (671kB) | Preview
3. NIM 7151142002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
4. NIM 7151142002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
5. NIM 7151142002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
6. NIM 7151142002 TABLES.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. NIM 7151142002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM 7151142002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
9. NIM 7151142002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (604kB) | Preview
13. NIM 7151142002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
14. NIM 7151142002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Meaningful Instructional Design lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XI Ak SMK Swasta Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI Ak SMK Swasta Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang beralamat di Jalan Letda Sujono No. 403 Medan Tembung, Kota Medan. Populasi penelitian ini terdiri dari 2 kelas, total 66 orang. Yaitu kelas XI Ak 1 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan XI Ak 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes Pilihan Ganda dengan
jumlah 20 butir soal. Analisis data menggunakan perhitungan Nilai Mean, Standar Deviasi, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Menggunakan uji t,
dengan taraf signifikan 95 % a = 0,05. Hasil pre-test di kelas eksperimen diperoleh rata-rata 46,78 dengan standar
deviasi 16,45. Sedangkan di kelas kontrol diperoleh nilai pre-test rata-rata 45,89 dengan standar deviasi 15,63. Hasil post-test di kelas kontrol diperoleh rata-rata
70,89 berada dibawah KKM dengan standar deviasi 10,805. Sedangkan di kelas eksperimen diperoleh rata-rata 80,53 hanya sedikit berada diatas KKM yaitu 75 dengan standar deviasi 9,84.
Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,589 > 1,674 yang berarti hasil belajar akuntansi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Meaningful Instructional Design lebih tinggi secara signifikan dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa pengaruh model pembelajaran Meaningful Instructional Design berpengaruh terhadap hasil belajar
akuntansi siswa kelas XI Ak SMK Swasta Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design, Metode Konvensional dan Hasil Belajar Akuntansi. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 24 Nov 2020 16:09 |
Last Modified: | 24 Nov 2020 16:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40622 |