SINABANG, RINTO SAVERIUS (2020) ANALISIS PERBEDAAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X DI SMKS JAMBI MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7153144028 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 7153144028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (593kB) | Preview
3. NIM. 7153144028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4. NIM. 7153144028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5. NIM. 7153144028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
6. NIM 7153144028 TABLES.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
7. NIM 7153144028 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8. NIM 7153144028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 7153144028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
13. NIM 7153144028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
14. NIM 7153144028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar korespondensi kelas X OTKP SMK Swasta Jambi Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar korespondensi yang diajar dengan model pembelajaran Team Games Tournament dan hasil belajar korespondensi yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Heads Together pada siswa kelas X OTKP SMK Swasta Jambi Medan T.P 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan dengan Populasi jumlah seluruh kelas X OTKP yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 75 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Total Sampling dimana seluruh populasi yang berjumlah 75 orang dijadikan sampel penelitian. Kelas X OTKP-1 (Eksperimen-1) berjumlah 37 orang dan X OTKP-2 (Eksperimen-2) berjumlah 38 orang. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda soal, dan tingkat kesukaran soalnya dengan menggunakan rumus thitung > ttabel taraf signifikan 95% atau α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen I yaitu 44,59 dengan SD 15,47 dan varians 239,41, dan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen II yaitu 34,87 dengan SD 13,33 dan varians 177,68. Sedangkan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen I 83,65 dengan SD 5,48 dan varians 30,06. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen II yaitu 79,87 dengan SD 6,52 dan varians 42,54. Dalam hal ini kelas eksperimen I memiliki nilai Post Test yang lebih tinggi, namun dilihat dari range data pre test, maka nilai yang lebih jauh naik yaitu kelas eksperimen II yaitu Numbered Heads Together.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = n1 + n2 – 2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 1,91 dan ttabel 1,6678. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (1,91 > 1,6678) sehingga dalam penelitian ini berarti Ha diterima H0 ditolak.
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Team Games Tournament dan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi kelas X OTKP SMK Swasta Jambi Medan T.P. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Team Games Tournament, Model Pembelajaran Numbered Heads Together, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 01:41 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 01:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40620 |