Irfansyah, Ade (2020) Pengemasan Bahan Ajar Tari Simalungun Dalam Bentuk E-Module Untuk Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Di Daerah Kabupaten Simalungun. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2152141006 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 2152141006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
3. NIM. 2152141006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4. NIM. 2152141006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. NIM. 2152141006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 2152141006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM. 2152141006 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 2152141006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 2152141006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
13. NIM. 2152141006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
14. NIM. 2152141006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengemasan
bahan ajar Tari Simalungun dalam bentuk e-module untuk siswa kelas VIII
Sekolah Menengah Pertama di daerah Kabupaten Simalungun. Pengemasan bahan
ajar tari Simalungun dalam bentuk e-module ini mengacu pada pendapat Sri
Julianti (2014:44-45) yang mengatakan ada 3 langkah-langkah yang dilakukan
dalam melakukan pengemasan yaitu, Conseptual design, Embodiment design,
Detail design. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif.
Tempat dan waktu penelitian adalah sanggar Tortor elak-elak Sondi Raya pada
bulan Agustus – Oktober 2019. Adapun populasi penelitian ini adalah seniman
Simalungun dan Mahasiswa/i Pendidikan Tari angkatan 2015, serta yang menjadi
sampel penelitian adalah 2 seniman Simalungun dan 2 orang mahasiswa/i
pendidikan tari 2015 untuk memvisualisasikan gerak tari Haroan Bolon. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi
kepustakaan, dan dokumentasi. Data-data ini kemudian dianalisis dengan metode
deskriptif kualitatif. Pengemasan ini disusun berdasarkan kebutuhan KD.3.1 dan
KD. 3.2 silabus seni tari kelas VII. Setelah materi dikemas untuk menguji
kelayakannya, maka dibutuhkan validator ahli materi dan media. Hasil uji
kelayakan pada bahan ajar e-module menghasilkan validasi sudah sangat layak
dengan nilai ahli materi 4.7 dan media 4.7 dan dapat dijadikan sebagai bahan ajar
di Sekolah. Adapun kajian akhir penelitian ini menghasilkan deskripsi langkahlangkah
pengemasan bahan ajar tari Simalungun (Haroan Bolon) dalam bentuk emodule
untuk siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama di daerah Kabupaten
Simalungun. Adapun materi e-module membahas tentang kehidupan masyarakat
Simalungun, latar belakang tari Haroan Bolon, keunikan gerak tari dengan
menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan. E-module ini dapat diakses
melalui komputer PC dan android dengan menggunakan reader application
(berbasis offline).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengemasan; Tari Haroan Bolon; E-module |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 20:50 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 20:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40598 |