Kahar, Syadidul (2013) HUBUNGAN BUDAYA SEKOLAH, KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI KECAMATAN MARDINGDING KABUPATEN KARO. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106131038 Judul.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. 8106131038 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (962kB) | Preview
3. 8106131038 Abstrak.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. 8106131038 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. 8106131038 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6. 8106131038 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7. 8106131038 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
8. 8106131038 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
9. 8106131038 Bab I.pdf - Published Version
Download (914kB) | Preview
10. 8106131038 Bab V.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
11. 8106131038 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan budaya sekolah dengan profesionalisme, (2) hubungan komunikasi antarpribadi dengan profesionalisme guru, (3) hubungan kecerdasan emosional dengan profesionallisme guru.Metode penelitian adalah kuantitatif jenis deskriptif studi korelasional dengan pola kajian korelatif dengan menempatkan variabel penelitian dalam dua kelompok yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru SMP N Kecamatan Mardingding yang berjumlah 3 sekolah negeri dengan jumlah guru sertifikasi sebanyak 20 orang guru. Untuk menentukan sampel digunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 20 orang guru SMP N Kecamatan Mardingding. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi. Hasil dari penelitian ini disajikan (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara budaya sekolah dengan profesionalisme guru dengan korelasi sebesar 0,515 dan koefisien determinasi 0,265 dengan signifikan 0.02, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi antarpribadi guru dengan profesionalisme guru dengan korelasi 0,600 dan koefisien determinasinya 0,36 dengan signifikan 0.005, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan profesionalisme guru dengan korelasi sebesar 0,443 dan koefisien diterminasi 0.196 dengan signifikan 0.05. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disarankan dalam penelitian ini: (1) Guru harus menjadikan budaya sekolah sebagai sarana untuk meningkatkan profesionalisme guru, (2) Guru harus berupaya meningkatkan keterampilan komunikasi antarpribadi dalam pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya, dan (3) Guru harus berupaya meningkatkan kecerdasan emosionalnya untuk menjadi guru profesional yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 Kah h |
Keywords: | Guru; Budaya sekolah; Kecerdasan emosional; Komunikasi antarpribadi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 30 May 2016 09:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4053 |