Septiana, Eka (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK- PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIII MTS AL-JAM’IYATUL WASHLIYAH TEMBUNG T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153111014 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. NIM. 4153111014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
3. NIM. 4153111014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
4. NIM. 4153111014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM. 4153111014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
6. NIM. 4153111014 TABLES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM. 4153111014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 4153111014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
9. NIM 4153111014 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
13. NIM. 4153111014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
14. NIM. 4153111014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) di kelas VIII MTs Al-jam’iyatul Washliyah Tembung T.A 2019/2020, (2) Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII MTs Al-jam’iyatul Washliyah Tembung T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah Siswa/siswi kelas VIII MTs Al-Jamiyatul Washliyah Tembung yang berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Al-jam’iyatul Washliyah Tembung.Penelitian ini terdiri atas 2 siklus, dimana di akhir siklus diberikan tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I di kelas VIII-5 sebanyak 40 orang terdapat aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I banyaknya siswa yang memiliki persentase aktivitas ≥ 70% secara klasikal adalah 4 siswa (12,90%) dan di akhir siklus II meningkat hingga mencapai 26 siswa (83,87%). Dari akhir siklus II diperoleh bahwa persentase aktivitas aktif siswa telah memenuhi kriteria keaktifan klasikal yaitu ≥ 75% siswa memiliki persentase aktivitas ≥ 70%.Hasil analisis tes hasil belajar yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan I dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS hasil belajar (≥ 70) secara klasikal masih belum tercapai karena hanya 23 siswa (57,5%) yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 62,15. Setelah pelaksanaan tindakan siklus II, hasil belajar siswa (≥ 70) secara klasikal telah tercapai yaitu 34 siswa (85%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 76,84. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 70,97%. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II adalah 28,5%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi SPLDV di kelas VIII MTs Al-jam’iyatul Washliyah Tembung T.A 2019/2020
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 02:06 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 02:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40522 |