Afriadi, Yan (2013) HUBUNGAN KINERJA KEPALA SEKOLAH DAN KOMITMEN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DENGAN SEKOLAH EFEKTIF SMP NEGERI DI KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1. 809325022 Judul.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
2. 809325022 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
3. 809325022 Abstrak.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4. 809325022 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5. 809325022 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
6. 809325022 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
7. 809325022 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
8. 809325022 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
9. 809325022 Bab I.pdf - Published Version
Download (631kB) | Preview
10. 809325022 Bab V.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
11. 809325022 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kinerja kepala sekolah dengan sekolah efektif; (2) hubungan komitmen penjaminan mutu pendidikan dengan sekolah efektif; dan (3) hubungan kinerja kepala sekolah dan komitmen penjaminan mutu pendidikan dengan sekolah efektif.Subjek penelitian adalah seluruh SMP Negeri di Kabupaten Deli Serdang dengan jumlah populasi sebanyak 40 orang. Dalam penelitian ini seluruh populasi dijadikan sampel (total sampling). Metode penelitian bersifat deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang suatu gejala pada saat penelitian dilakukan. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Instrumen yang digunakan adalah angket, pengujian validitas butir menggunakan koefisien korelasi product moment, dan untuk uji reliabilitas digunakan Rumus Alpha. Instrumen angket sekolah efektif yang valid diperoleh 27 butir dari 33 butir angket yang diujicobakan, dan mempunyai reliabilitas sebesar 0,861. Instrumen angket kinerja kepala sekolah yang valid diperoleh 27 butir dari 32 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,898. Sedangkan instrumen angket komitmen penjaminan mutu pendidikan yang valid diperoleh 30 butir dari 36 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,903.Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: (1) terdapat hubungan yang berarti antara kinerja kepala sekolah dengan sekolah efektif sebesar ry1 = 0,407 > rtabel = 0,312 dan thitung = 2,747 > ttabel = 1,68; (2) terdapat hubungan yang berarti antara komitmen penjaminan mutu pendidikan dengan sekolah efektif sebesar ry2 = 0,452 > rtabel = 0,312 dan thitung = 3,126 > ttabel = 1,68; dan (3) terdapat hubungan yang berarti antara kinerja kepala sekolah dan komitmen penjaminan mutu pendidikan dengan sekolah efektif sebesar Ry12 = 0,693 > rtabel = 0,312 dan Fhitung = 17,063 > Ftabel = 3,85.Hasil penelitian diperoleh kinerja kepala sekolah dan komitmen penjaminan mutu pendidikan secara bersama-sama memberikan sumbangan sebesar 47,9% terhadap sekolah efektif, dan sisanya ditentukan keadaan/ variabel lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.2 Afr h |
Keywords: | Mutu pendidikan; Sekolah efektif; Kepala sekolah; Komitmen; Kinerja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 30 May 2016 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4050 |