Busyarah, Isnaini (2020) EFEKTIVITAS MODEL TRIFFENGER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA MANDIRI PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2153311020 COVER.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
2. NIM. 2153311020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM. 2153311020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
4. NIM. 2153311020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
5. NIM. 2153311020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
6. NIM. 2153311020 TABLES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM. 2153311020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM. 2153311020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (619kB) | Preview
12. NIM. 2153311020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
13. NIM. 2153311020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Efektivitas Model Treffinger Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah 455 siswa dan sampel penelitian dilakukan terhadap 64 siswa kelas X SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Hasil penelitian disimpulkan, kemampuan menulis teks eksposisi yang menggunakan model Treffinger pada siswa kelas X SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2019/2020 adalah sangat baik dengan nilai rata-rata 79,82. Kemampuan menulis teks eksposisi yang menggunakan model konvensional pada siswa kelas X SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2019/2020 adalah cukup dengan nilai rata-rata 69,06. Model Treffinger berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis teks eksposisi. Hal ini terbukti dari hasil uji “t” diperoleh nilai thitung > ttabel (0,05) yakni 7,27>2,04. Untuk itu perlunya guru bidang studi Bahasa Indonesia di sekolah setempat meningkatkan pembelajaran menulis kepada siswa dengan menerapkan model pembelajaran Treffinger, karena pembelajaran ini terbukti berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 IND 085 |
Keywords: | TREFFINGGER |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P301 Style. Composition. Rhetoric |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 14:33 |
Last Modified: | 23 Nov 2020 10:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40484 |