BANGUN, DESNARIANI (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) PADA MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 040508 SARINEMBAH T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1162111013_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1162111013_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
3. NIM. 1162111013_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1162111013_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5. NIM. 1162111013_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 1162111013_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 1162111013_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 1162111013_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
9. NIM. 1162111013_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
10. NIM. 1162111013_BAB I.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
14. NIM. 1162111013_BAB V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
15. NIM. 1162111013_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 040508 Sarinembah. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pada Matematika di kelas IV SD Negeri 040508 Sarinembah.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dan empat tahapan. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 040508 Sarinembah yang berjumlah 38 orang siswa yang terdiri dari 18 orang siswa perempuan dan 20 orang siswa laki-laki. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar pengamatan atau observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yaitu soal dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan lembar pengamatan atau observasi digunakan untuk melihat aktivitas guru dan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada tes awal (Pre Test) diperoleh sebanyak 9 orang siswa (23,68%) yang telah mencapai ketuntasan belajar dan 29 orang siswa (76,32%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 48,82. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I peningkatan diperoleh data sebanyak 16 orang siswa (42,10%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 22 orang siswa (57,90%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 61,18. Selanjutnya setelah diberikan tindakan pada siklus II peningkatan diperoleh data sebanyak 32 orang siswa (84,21%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 6 orang siswa (15,79%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 72,5. Tingkat belajar klasikal mencapai 84,21% yang berarti bahwa hasil belajar klasikal telah tuntas (80%).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Matematika kelas IV Negeri 040508 Sarinembah T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 PGSD 040 |
Keywords: | Hasil Belajar Matematika; Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 14:32 |
Last Modified: | 23 Nov 2020 10:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40478 |