SURYATI (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN TERHADAP KEMAMPUAN BERDEBAT BERBANTUAN MEDIA VIDEO SIARAN MATA NAJWA EPISODE "UJIAN REFORMASI" PADA SISWA KELAS X SMK MULTI KARYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2163111047 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2. NIM 2163111047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (813kB) | Preview
4. NIM 2163111047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
3. NIM 2163111047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
5. NIM 2163111047 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
7. NIM 2163111047 LIST OF APENDICES.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
6. NIM 2163111047 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
8. NIM 2163111047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
12. NIM 2163111047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
13. NIM 2163111047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran project citizen berbantuan media video siaran Mata Najwa episode “ujian reformasi” pada siswa kelas X SMK Multi Karya Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Multi Karya Medan tahun pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 15 kelas dengan jumlah 501 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas X AKTL-1 (kelas eksperimen) berjumlah 28 siswa dan kelas X OTKP-1 (kelas kontrol) berjumlah 28 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan tipe post-test only control group design dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Nilai rata-rata post-test siswa pada kelas eksperimen yaitu sebesar 81,43 dengan kategori baik dan sudah memenuhi KKM, sedangkan nilai rata-rata post-test siswa pada kelas kontrol yaitu sebesar 74,11 dengan kategori cukup namun belum memenuhi KKM yakni 75. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas eksperimen Lhitung< Ltabel pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data post-test kelas eksperimen adalah (0,1259< 0,1641), hasil uji normalitas data post-test kelas kontrol adalah (0,1331< 0,1641). Hasil uji homogenitas kemampuan berdebat siswa adalah 0,69. Fhitung < Ftabelyakni 0,69<4,17 dan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 3,75> 1,95, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Citizen berbantuan media video siaran mata najwa efektif diterapkan dalam pembelajaran debat dan dapat meningkatkan kemampuan berdebat pada siswa kelas X SMK Multi Karya Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 IND 086 |
Keywords: | DEBAT, MODEL PROJECT CITIZEN, MEDIA VIDEO SIARAN TELEVISI, MATA NAJWA, KONVENSIONAL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4177 Debating |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 14:32 |
Last Modified: | 23 Nov 2020 10:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40472 |