BR BUKIT, SRY MENITA (2020) PENGARUH PENAMPILAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP N 37 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3162311006 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM.3162311006 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
3. NIM. 3162311006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
4. NIM. 3162311006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
5. NIM. 3162311006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 3162311006 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 3162311006 CHARTS.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 3162311006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 3162311006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
13. NIM. 3162311006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
14. NIM. 3162311006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penampilan guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP N 37 Medan tahun pelajaran 2019/2020. Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian kuantitatif dimana memiliki dua variabel yaitu x (penampilan guru) dan y (motivasi belajar siswa) yang menghasilkan data numerikal (angka). Analisis data yang dilakukan menggunakan teknik statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan di SMP N 37 Medan yang berada di Jalan. Timor No. 36B Medan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 251 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 10% yaitu 25 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini bahwa tidak ada pengaruh penampilan guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP N 37 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dari nilai lebih kecil daripada ( atau 0,194 < 0,396 dan hanya berkontribusi sebesar 3,7636% dan telah diuji dengan uji “t” maka diperoleh < atau 0,966 < 2,069 pada taraf signifikansi 5% pada derajat kebebasan (dk) = N-2 (25-2= 23) maka hipotesis nihil (Ho) diterima yaitu tidak ada pengaruh penampilan guru terhadap motivasi belajar siswa pada mmata pelajaran PPKn di SMP Negeri 37 tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 PKN 038 |
Keywords: | PENGARUH, PENAMPILAN GURU, MOTIVASI BELAJAR |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation K Law > K Law (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 14:32 |
Last Modified: | 23 Nov 2020 04:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40466 |