SANTIKA, ASTARI (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KETERAMPILAN BELAJAR DALAM LAYANAN KONSELING PADA SISWA KELAS XI SMK SPP NEGERI ASAHAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1163351004 COVER.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
2. NIM 1163351004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (678kB) | Preview
3. NIM 1163351004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
4. NIM 1163351004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
5. NIM 1163351004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6. NIM 1163351004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7. NIM 1163351004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM 1163351004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. NIM 1163351004 BAB I.pdf - Published Version
Download (653kB) | Preview
13. NIM 1163351004 BAB V.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
14. NIM 1163351004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan belajar dan tidak adanya bahan ajar yang digunakan dalam pelaksanaan layanan konseling khususnya bahan ajar keterampilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar keterampilan belajar yang efektif dalam pelaksanaan layanan konseling pada siswa kelas XI SMK SPP Negeri Asahan Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK SPP Negeri Asahan tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 32 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data deskriptif kauntitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini angket, wawancara, observasi dan latihan keterampilan belajar. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar keterampilan belajar ini efektif untuk digunakan dalam layanan konseling pada siswa kelas XI di SMK SPP Negeri Asahan. Dilihat berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media terhadap bahan ajar yang dikembangkan mendapatkan kevalidan dengan persentasi rata-rata 84,93% kategori “Valid”, dimana persentase rata-rata oleh ahli media 80,26% dengan kategori “Valid”, dan persentase rata-rata ahli materi sebesar 83,75% kategori “Valid”. Dalam keefektifan bahan ajar dapat dari hasil nilai latihan siswa 27 orang yang lulus dengan rata-rata persentase 84,37% dan telah mencapai klasifikasi sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BK 021 |
Keywords: | BAHAN AJAR; KETERAMPILAN BELAJAR;LAYANAN KONSELING;ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 14:32 |
Last Modified: | 23 Nov 2020 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40464 |