Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Melakukan Praktikum Di Laboratorium Dan Laboratorium Virtual Pada Siswa Berkemampuan Awal Tinggi Dan Rendah Pada Materi Laju Reaksi

RIZKI, ANGGITA EFA (2020) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Melakukan Praktikum Di Laboratorium Dan Laboratorium Virtual Pada Siswa Berkemampuan Awal Tinggi Dan Rendah Pada Materi Laju Reaksi. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4161131004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4161131004 COVER.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4161131004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4161131004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4161131004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4161131004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4161131004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4161131004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4161131004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4161131004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4161131004 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4161131004 TABLES.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4161131004 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4161131004 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4161131004 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4161131004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4161131004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4161131004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (661kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4161131004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4161131004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4161131004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4161131004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (608kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang melakukan praktikum dan siswa yang diperlihatkan laboratorium virtual menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar pada siswa yang berkemampuan awal tinggi dan rendah, (3) mengetahui interaksi antara siswa yang melakukan praktikum dan siswa yang diperlihatkan laboratorium virtual berkemampuan awal tinggi dan rendah terhadap hasil belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Populasi dalam penelitian ini adalah adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 13 Medan T.P 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dengan rancangan faktorial 2x2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif untuk kemampuan awal, hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa. Analisis data menggunakan Analisis of Varians (ANAVA).
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar yang melakukan praktikum dan siswa yang diperlihatkan laboratorium virtual menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, (2) ada perbedaan hasil belajar siswa yang berkemampuan awal tinggi dan rendah, (3) ada interaksi antara siswa yang melakukan praktikum dan siswa yang diperlihatkan laboratorium virtual berkemampuan awal tinggi dan rendah terhadap hasil belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2020-KIM-023
Keywords: Praktikum, Laboratorium Virtual; Hasil belajar; Kemampuan Awal Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 17 Sep 2020 07:52
Last Modified: 17 Sep 2020 07:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40450

Actions (login required)

View Item
View Item