Harahap, Aisah (2020) PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR TERINTEGRASI NILAI SPIRITUAL DAN BAHAN AJAR BUKU PAKET SMA/MA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP SPIRITUAL SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4161131003 COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
2. NIM. 4161131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
3. NIM. 4161131003 ABSTRACT..pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
4. NIM. 4161131003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM. 4161131003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM. 4161131003 TABLES.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
7. NIM. 4161131003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
8. NIM. 4161131003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
9. NIM. 4161131003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
14. NIM. 4161131003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
Abstract
Penelititian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Adakah perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai spiritual dan buku paket SMA/MA. (2) Adakah perbedaan sikap spiritual siswa sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai spiritual. (3) Adakah hubungan hasil belajar dengan nilai spiritual pada peningkatan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Cerdas Murni Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai eksperimen I yang dibelajarkan dengan bahan ajar kimia terintegrasi nilai spiritual pada materi Laju Reaksi dengan model Problem Based Learning dan satu kelas eksperimen II dibelajarkan dengan buku paket SMA/MA pada materi Laju Reaksi dengan model Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes sebanyak 20 soal yang valid dengan reliabilitas 0,840, serta instrumen angket sikap spiritual siswa. Teknik analisa data dilakukan dengan uji Independent Sample T-test, Paired sample T-test, dan Correlation pada program IBM SPSS Statistics 22 for Windows dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai spiritual lebih tinggi dari buku paket SMA/MA. (2) Terdapat perbedaan sikap spiritual siswa sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai spiritual. (3) Terdapat hubungan hasil belajar dengan sikap spiritual pada peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-KIM-010 |
Keywords: | Bahan Ajar Kimia; Problem Based Learning; Hasil Belajar; Sikap Spiritual; Laju Reaksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 05:01 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 05:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40443 |