SIANIPAR, DUMA INDAH (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 1 PANAI HULU T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4151121020 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM 4151121020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
3. NIM 4151121020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. NIM 4151121020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM 4151121020 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM 4151121020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 4151121020 TABLES.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
8. NIM 4151121020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM 4151121020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
13. NIM 4151121020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
14. NIM 4151121020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi pokok Elastisitas dan Hukum Hooke di kelas XI semester I SMA Negeri 1 Panai Hulu T.P. 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panai Hulu yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan XIMIA-3 sebagai kelas ekperimen berjumlah 33 orang dan XIMIA-2 sebagai kelas kontrol berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes pengetahuan konseptual dalam bentuk essay yang telah divalidasi dengan jumlah 8 soal dan lembar aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dikategorikan aktif dengan perolehan rata-rata pada pertemuan I, II, III sebesar 66,94% dan diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 39,06 dengan standar deviasi 7,75 sedangkan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 38,06 dengan standar deviasi 8,00. Kemudian dilakukan uji t dua pihak dengan data thitung < ttabel (0,52 < 1,998), yang artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postest kelas eksperimen 77,03 dan nilai rata-rata postest kelas kontrol 69,10. Kemudian dilakukan uji t satu pihak diperoleh hasil = 3,29 dan =1,67. Karena > maka ditolak dan diterima, hal ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi pokok Elastisitas dan Hukum Hooke di kelas XI SMA Negeri 1 Panai Hulu T.P. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-FIS-028 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation; Pengetahuan Konseptual Siswa; Elastisitas dan Hukum Hooke |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 16 Sep 2020 09:25 |
Last Modified: | 16 Sep 2020 09:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40433 |