Sitompul, Ummy Hariyanti (2019) Pengembangan Modul Fisika Berbasis Saintifik Inquiry Pada Materi Suhu Dan Kalor T.P. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4153321044 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4153321044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
3. NIM. 4153321044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM. 4153321044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
5. NIM. 4153321044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM. 4153321044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7. NIM. 4153321044 TABLES.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
8. NIM. 4153321044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
9. NIM. 4153321044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
13. NIM. 4153321044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
14. NIM. 4153321044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul fisika berbasis saintifik inquiry pada materi pokok suhu dan kalor yang layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran fisika di sekolah dan mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan modul yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA Panca Budi Medan yang berjumlah 30 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi dan ahli desain, angket penilaian guru bidang studi fisika, dan angket respon peserta didik terhadap modul fisika berbasis saintifik inquiry. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Dari hasil analisis data diperoleh validasi ahli materi sebesar 85,43%, ahli desain 86,78 %, penilaian guru fisika I sebesar 77,35%, penilaian guru fisika II sebesar 82,89% dengan masing-masing presentese tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Respon peserta didik pada uji coba terbatas dengan sampel 6 orang sebesar 86.06 % termasuk dalam kriteria sangat baik. Sedangkan pada uji coba luas persentase respon peserta didik dengan sampel 30 orang sebesar 88% dengan kriteria sangat baik, sehingga berdasarkan hasil validasi, penilaian guru fisika dan respon peserta didik dapat disimpulkan modul fisika berbasis saintifik inquiry pada materi pokok suhu dan kalor layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-FIS-039 |
Keywords: | Pengembangan; Modul; Saintifik Inquiry; Suhu dan Kalor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 16 Sep 2020 09:07 |
Last Modified: | 16 Sep 2020 09:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40431 |