Mazdalena (2020) Pengaruh Penerapan Strategi Critical Incident Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Swasta PGRI 37 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2152111013 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM 2152111013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
3. NIM 2152111013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4. NIM 2152111013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. NIM 2152111013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
6. NIM 2152111013 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 2152111013 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 2152111013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
12. NIM 2152111013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
13. NIM 2152111013 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi critical incident terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Swasta PGRI 37
Batang Kuis tahun pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupupakan penelitian eksperimen dengan model one-group pretes-posttest design untuk mengetahui pengaruh dari hasil belajar dan prestasi siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Swasta PGRI 37 Batang kuis yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 60. Jumlah
sampel sebanyak 30 orang (kelas eksperimen). Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah contoh teks berita. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa strategi ciritical incident lebih berpengaruh terhadap menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Swasta PGRI 37 Batang Kuis. Nilai rata-rata pre-test yaitu 57,83 dan standar deviasi 5,47, sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 83,16 dan standar deviasi 4,73 dalam hal ini dperoleh to = 4,61, selanjutnya dionsultasika dengan ttabel pada tarf signifikan 5%=
2,04, sehingga to ˃ ttabel yakni 4,61 > 2,04. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi critical incident berpengaruh dalam pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Swasta PGRI 37 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Critical Indident; Menulis; Teks Berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 05:03 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 05:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40420 |