Pengaruh Penerapan Strategi Critical Incident Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Swasta PGRI 37 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2019/2020

Mazdalena (2020) Pengaruh Penerapan Strategi Critical Incident Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Swasta PGRI 37 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2152111013 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2152111013 COVER.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2152111013 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2152111013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2152111013 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2152111013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2152111013 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2152111013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2152111013 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2152111013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2152111013 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2152111013 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2152111013 APPENDIX LIST.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2152111013 APPENDIX LIST.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2152111013 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2152111013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2152111013 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2152111013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2152111013 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2152111013 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi critical incident terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Swasta PGRI 37
Batang Kuis tahun pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupupakan penelitian eksperimen dengan model one-group pretes-posttest design untuk mengetahui pengaruh dari hasil belajar dan prestasi siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Swasta PGRI 37 Batang kuis yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 60. Jumlah
sampel sebanyak 30 orang (kelas eksperimen). Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah contoh teks berita. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa strategi ciritical incident lebih berpengaruh terhadap menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Swasta PGRI 37 Batang Kuis. Nilai rata-rata pre-test yaitu 57,83 dan standar deviasi 5,47, sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 83,16 dan standar deviasi 4,73 dalam hal ini dperoleh to = 4,61, selanjutnya dionsultasika dengan ttabel pada tarf signifikan 5%=
2,04, sehingga to ˃ ttabel yakni 4,61 > 2,04. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi critical incident berpengaruh dalam pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Swasta PGRI 37 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Critical Indident; Menulis; Teks Berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 22 Sep 2020 05:03
Last Modified: 22 Sep 2020 05:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40420

Actions (login required)

View Item
View Item