Saragi, Jandrifan HT (2013) PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG EFEKTIVITS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, SIKAP INOVATIF, PENGETAHUAN KURIKULUM DAN MOTIVASI BERPRESTASI GURU TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMK SWASTA KECAMATAN BERINGIN KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106131007 Judul.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. 8106131007 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
3. 8106131007 Abstrak.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4. 8106131007 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
5. 8106131007 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. 8106131007 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
7. 8106131007 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 8106131007 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. 8106131007 Bab I.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
10. 8106131007 Bab V.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
11.8106131007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi guru tentang efektivitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi, (2) pengaruh sikap inovatif terhadap motivasi berprestasi, (3) pengaruh pengetahuan kurikulum terhadap motivasi berprestasi, (4) pengaruh persepsi guru terhadap efektivitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru, (5) pengaruh sikap inovatif terhadap kompetensi profesional guru, (6) pengaruh pengetahuan kurikulum terhadap kompetensi profesional guru, (7) pengaruh motivasi berprestasi terhadap kompetensi profesional guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menempatkan variabel penelitian yaitu variabel endogenus dan eksogenus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMK Swasta Kecamatan Beringin yang berjumlah 85 guru. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan tabel Kreijie sehingga didapatkan sampel sebanyak 68 guru. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket dan tes.Sebelum instrument (angket) penelitian digunakan untuk mengumpulkan data penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji coba yang dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk menghitung uji validitas angket digunakan rumus product moment dan untuk uji reliabilitas angket digunakan rumus alpha untuk variabel persepsi guru terhadap efektivitas kepemimpinan kepala sekolah, sikap inovatif, dan motivasi berprestasi, dan kompetensi profesional. Sedangkan untuk pengetahuan kurikulum digunakan rumus point biserial dan untuk reliabelitas menggunakan rumus KR 20 dari Kuder dan Richardson. Uji persyaratan analisis adalah uji normalitas, hogenitas, linieritas, dan keberartian regresi, kemudian dilakukan analisa data dengan teknik path anlisys. Hasil dari penelitian ini ditemukan: (1) terdapat pengaruh persepsi guru tentang efektivitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi sebesar 0,32; (2) terdapat pengaruh sikap inovatif terhadap motivasi berprestasi sebesar 0,33; (3) terdapat pengaruh pengetahuan kurikulum terhadap motivasi berprestasi sebesar 0,33; (4) terdapat pengaruh persepsi guru terhadap efektivitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru sebesar 0,21; (5) terdapat pengaruh sikap inovatif terhadap kompetensi profesional guru sebesar 0,21; (6) terdapat pengaruh pengetahuan kurikulum terhadap kompetensi profesional guru sebesar 0,21; (7) terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap kompetensi profesional guru sebesar 0,33.Semakin tinggi pengaruh persepsi guru terhadap efektivitas kepemimpinan kepala sekolah, sikap inovatif, pengetahuan kurikulum, dan motivasi berprestasi, maka semakin tinggi pula kompetensi profesional guru di Kecamatan Beringin.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 Sar p |
Keywords: | Kepemimpinan; Kepala sekolah; Sikap inovatif; Pengetahuan kurikulum; Motivasi berprestasi; Kompetensi profesional |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 30 May 2016 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4042 |