Purba, Rina Monalisa (2019) PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FLASH PLAYER DENGAN MEDIA PETA KONSEP PADA PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4152131023 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM 4152131023 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
3. NIM 4152131023 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4. NIM 4152131023 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
5. NIM 4152131023 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4152131023 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
13. NIM 4152131023 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
14. NIM 4152131023 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan hasil belajar dan sikap belajar siswa melalui pengguaan media flash player dengan media peta konsep serta mengetahui hubungan antara sikap dengan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media flash player pada pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) materi redoks. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batang Kuis yang berjumlah 5 kelas. Sampel penelitian 2 kelas yang diambil secara purposive sampling yaitu kelas X IPA 3 yang menggunakan media flash player (eksperimen I) dan kelas X IPA 1 yang menggunakan media peta konsep (eksperimen II) pada pembelajaran materi redoks dengan model PBL. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda berjumlah 20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda serta lembar observasi sikap belajar siswa yang telah divalidasi. Data peningkatan hasil belajar dan sikap belajar siswa dianalisis dengan uji t dua pihak dan uji korelasi. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung (7,626) berada di daerah kritis yang terletak pada thit > 2,35243 dan thit < -2,35243, maka Ha diterima yaitu ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen I (72,95%) lebih tinggi daripada kelas eksperimen II (56,66%). Hasil uji hipotesis sikap belajar dengan uji t dua pihak diperoleh thitung (4,11) berada di daerah kritis yang terletak pada thit > 2,35243 dan thit < -2,35243, maka Ha diterima yaitu ada perbedaan sikap belajar siswa kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Sikap belajar kelas eksperimen I (82,72) lebih tinggi daripada kelas eksperimen II (76,39). Hasil uji korelasi diperoleh rxy (0,468) > rtabel (0,329), sehingga Ha diterima yaitu ada korelasi positif dan signifikan antara sikap belajar dengan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media flash player dalam pembelajaran model Problem Based Learning dengan kontribusi sebesar 21,90%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 053 |
Keywords: | Flash player; Peta konsep; Sikap belajar; Redoks; Problem based learning; Hasil belajar; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 13:10 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 13:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40383 |