PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LITERASI SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KOLOID

Ritonga, Reza Zelita Diana (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LITERASI SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM 4153331025 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM 4153331025 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM 4153331025 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM 4153331025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 4153331025 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.NIM 4153331025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 4153331025 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM 4153331025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 4153331025 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM 4153331025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM 4153331025 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.NIM 4153331025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM 4153331025 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.NIM 4153331025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM 4153331025 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM 4153331025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing berbasis literasi sains terhadap hasil belajar materi pokok koloid pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Medan Sembilan kelas.Masing-masing kelas berjumlahkan 34 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel terpilih yaitu kelas XI MIA 7 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model inkuiri terbimbing berbasis literasi sains dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model konvensional, yaitu ceramah dan tanya jawab. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya, dimana hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-satu pihak yaitu pihak kanan, dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung > ttabel (8.11 > 1.668) maka Ho ditolak. Dengan demikian, menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis literasi sains terhadap hasil belajar. Uji korelasi dilakukan untuk mengetahui hubungan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung > ttabel (0.65 > 0.339) maka H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat korelasi yang signifikan antara aktivitas siswa dengan hasil belajar siswa pada model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis literasi sains. Kontribusi aktivitas siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu sebesar 57.75%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 KIM 052
Keywords: Inkuiri terbimbing; Literasi sains; Koloid; Hasil belajar; Aktivitas belajar; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 02 Sep 2020 11:39
Last Modified: 02 Sep 2020 11:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40382

Actions (login required)

View Item
View Item