PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TPS DAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MM MENGGUNAKAN MEDIA I-SPRING PADA MATERI SISTEM KOLOID

Purba, Nurmian Sari (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TPS DAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MM MENGGUNAKAN MEDIA I-SPRING PADA MATERI SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4152131011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4152131011 COVER.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4152131011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4152131011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4152131011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4152131011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4152131011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4152131011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4152131011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4152131011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (903kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4152131011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4152131011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4152131011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4152131011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4152131011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4152131011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan sikap tanggung jawab siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe TPS dan Cooperative Learning tipe MM menggunakan media i-Spring. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA yang berjumlah delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Data hasil belajar siswa diambil dengan instrumen tes objektif sebanyak 16 butir soal yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitasnya. Data untuk mengukur sikap tanggung jawab yang dimiliki siswa digunakan lembar observasi yang diisi oleh observer. Berdasarkan data hasil uji normalitas dan homogenitas pretest, posttest, dan sikap tanggung jawab siswa pada kelas Eksperimen I dan kelas Eksperimen II didapatkan hasil bahwa data pretest, posttest dan sikap tanggung jawab siswa kedua kelas eksperimen berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji dua pihak Independent Sample T- Test. Untuk uji hipotesis I diperoleh hasil sig. 0,018 (sig. < 0,05) dan untuk uji hipotesis II diperoleh hasil sig. 0,001 (sig. < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar dan sikap tanggung jawab siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe TPS menggunakan media i-Spring dibandingkan hasil belajar dan sikap tanggung jawab siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe MM menggunakan media i-Spring pada materi sistem koloid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 KIM 104
Keywords: Cooperative learning; Tanggung jawab; i-Spring; Sistem koloid; Think pair share; Make a match; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 28 Aug 2020 16:50
Last Modified: 28 Aug 2020 16:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40374

Actions (login required)

View Item
View Item