Murniyati (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING PRESENTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP MOL DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151131027 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
2. NIM. 4151131027 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
3. NIM. 4151131027 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
4. NIM. 4151131027 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
5. NIM. 4151131027 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
9. NIM. 4151131027 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
13. NIM. 4151131027 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 4151131027 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran iSpring presenter pada materi konsep mol di SMAS Budi Agung Medan. Kurangnya penggunaan media pembelajaran di SMAS Budi Agung Medan menyebabkan siswa lebih cenderung mendengar dan mencatat hal penting yang dijelaskan guru sehingga siswa kurang memperhatikan guru karena pembelajaran terkesan membosankan dan masih berpusat pada guru. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R & D) yaitu penelitian Borg dan Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAS Budi Agung Medan dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas X Ki Hajar Dewantara sebagai kelas eksperimen dan kelas X James Watt sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes dan angket kelayakan media dan materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran iSpring presenter yang telah dikembangkan pada materi konsep mol telah memenuhi standar kelayakan berdasarkan validasi dari ahli media dan ahli materi dengan rata-rata persentase 87,46% oleh ahli media dan 88,03% oleh ahli materi. Untuk hasil belajar siswa diperoleh perbedaan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen untuk pre-tes sebesar 36,97 dan untuk post-tes sebesar 83,94. Sedangkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol untuk pre-tes sebesar 34,34 dan untuk post-tes sebesar 75,78. Dari data hasil penelitian juga diperoleh persentase peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen 73,93 % dengan rata-rata gain 0,739336322 dan pada kelas kontrol sebesar 63,51 % dengan rata-rata gain 0,63519526. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media iSpring presenter pada materi konsep mol dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode konvensional pada materi konsep mol sebesar 10,41%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 034 |
Keywords: | iSpring presenter; Konsep mol; Media pembelajaran; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 09:30 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 09:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40364 |