Islamiyah, Khairani (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROYEK DENGAN MULTIMEDIA PADA MATERI ALDEHID DAN KETON DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151131020 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 4151131020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
3. NIM. 4151131020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4. NIM. 4151131020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
5. NIM. 4151131020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
9. NIM. 4151131020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
13. NIM. 4151131020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
14. NIM. 4151131020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui materi pada bahan ajar dan media yang digunakan sebelum dikembangkan pada materi aldehid dan keton memenuhi kriterisa BSNP, (2) memperoleh bahan ajar berbasis proyek dengan multimedia yang telah dikembangkan pada materi aldehid dan keton memenuhi kriteria BSNP, (3) mengetahui hasil belajar siswa, (4) mengetahui persentase peningkatan hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 14 Medan T.A 2018/2019 yang berjumlah lima kelas. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yang diambil secara acak. Kelas eksperimen yaitu kelas XII MIPA 5 dan kelas pengulangan yaitu kelas XII MIPA 1 yang keduanya menerapkan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) terintegrasi dengan bahan ajar dan multimedia. Berdasarkan hasil analisis, bahan ajar yang digunakan disekolah sebelum dikembangkan pada materi aldehid dan keton sudah memenuhi kriteria BSNP (3,21) dan media yang digunakan belum memenuhi standar (2,30). Bahan ajar berbasis proyek dengan multimedia pada materi aldehid dan keton yang telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria BSNP dengan nilai validasi bahan ajar (validator dosen (3,59), validator guru kimia (3,76)) dan nilai validasi multimedia sebesar 3,55 . Hasil analisis dari hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kriteria ketuntasan minimal (76) dengan nilai rata-rata 85,9 dan nilai thitung > ttabel (17,287 > 1,684). Hasil analisis dari hasil belajar siswa kelas pengulangan lebih tinggi dari kriteria ketuntasan minimal (76) dengan nilai rata- rata 83,2 dan nilai thitung > ttabel (9,821 > 1,684). Persen peningkatan hasil belajar siswa sebesar 72% di kelas eksperimen dan 71% di kelas pengulangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 056 |
Keywords: | Project beased learning; Bahan ajar; Multimedia; Aldehid; Keton; Pembelajaran inovatif; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 03:39 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40357 |