Siregar, Siti Hazizah (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Kosakata berbasis Informasi pada Materi Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Panai Tengah. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166192024 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 8166192024 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
3. NIM 8166192024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4. NIM 8166192024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM 8166192024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM 8166192024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 8166192024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 8166192024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM 8166192024 BAB I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
13. NIM 8166192024 BAB V.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
14. NIM 8166192024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pengembangan instrumen penilaian kosakata berbasis informasi pada materi teks eksplanasi, (2) keefektifan instrumen penilaian kosakata berbasis informasi pada materi teks ekplanasi, (3) hasil uji coba instrumen penilaian kosakata berbasis informasi pada materi teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panai Tengah. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, ahli evaluasi, dan guru bidang studi bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Panai Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan instrumen penilaian kosakata berbasis informasi dilakukan melalui tahap pengembangan gagasan, penyaringan gagasan, analisis kebutuhan, analisis instrumen penilaian, perumusan instrumen, validasi instrumen dan implementasi instrumen penilaian kosakata. Validasi instrumen penilaian oleh dua ahli materi mendapat hasil 86,5% dengan kategori “sangat baik.” Validasi instrumen penilaian kosakata berbasis informasi dari ahli desain memperoleh hasil persentasi nilai 89% dengan kategori “sangat baik.” Dan validasi instrumen penilaian dari ahli evaluasi memperoleh hasil persentase nilai 81,33% dengan kategori “baik”; (2) uji keefektifan instrumen penilaian ditentukan dari hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah guru menggunakan instrumen penilaian kosakata berbasis informasi, mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 20%; dan (3) hasil uji coba dijaring melalui angket reskpon guru tentang kepraktisan instrumen penilaian yang dikembangkan mencakup tiga sub komponen dengan penilaian, yaitu aspek kemenarikan 96%, aspek kemudahan 100%, dan aspek keterbacaan 85%. Dengan demikian instrumen penilaian kosakata berbasis informasi dapat digunakan sebagai fasilitas pendukung pembelajaran teks deskripsi di kelas yang efektif dan praktis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 808.02 Sir p |
Keywords: | Instrumen Penilaian; Eksplanasi Informasi |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 06:15 |
Last Modified: | 13 Aug 2020 06:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40328 |