Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Musikal Terhadap Hasil Belajar Harmoni I dengan Mengontrol Pengetahuan Awal Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Musik Unimed

Widiastuti, Uyuni (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Musikal Terhadap Hasil Belajar Harmoni I dengan Mengontrol Pengetahuan Awal Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Musik Unimed. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8174424029 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8174424029 COVER.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8174424029 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8174424029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (764kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8174424029 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8174424029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8174424029 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8174424029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8174424029 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8174424029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8174424029 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8174424029 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8174424029 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8174424029 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8174424029 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8174424029 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8174424029 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8174424029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (946kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8174424029 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8174424029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8174424029 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8174424029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (623kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar Harmoni I antara strategi pembelajaran kontekstual dengan ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal, (2) perbedaan hasil belajar Harmoni I antara kecerdasan musikal melodi dengan kecerdasan musikal irama setelah mengontrol pengetahuan awal, (3) pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan musikal terhadap hasil belajar Harmoni I setelah mengontrol pengetahuan awal, (4) perbedaan hasil belajar Harmoni I yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan ekspositori dengan kecerdasan musikal melodi setelah mengontrol pengetahuan awal, (5) perbedaan hasil belajar Harmoni I yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan ekspositori dengan kecerdasan musikal irama setelah mengontrol pengetahuan awal, (6) perbedaan hasil belajar Harmoni I yang memiliki kecerdasan musikal melodi dan kecerdasan musikal irama yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual setelah mengontrol pengetahuan awal, dan (7) perbedaan hasil belajar Harmoni I yang memiliki kecerdasan musikal melodi dan kecerdasan musikal irama yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Sampel dalam penelitian ini adalah 89 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Musik FBS Unimed. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan ANAKOVA pada taraf signifikan  = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar Harmoni I yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi dibandingkan ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal dengan Fhitung = 13,405 > Ftabel = 3,986 pada  0,05, (2) hasil belajar Harmoni I dengan kecerdasan musikal melodi lebih tinggi dibandingkan dengan kecerdasan musikal irama setelah mengontrol pengetahuan awal dengan Fhitung = 8,524 > Ftabel = 3,986 pada  0,05 (3) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan musikal terhadap hasil belajar Harmoni I setelah mengontrol pengetahuan awal dengan Fhitung = 83,208 > nilai Ftabel = 3,986 pada  0,05, (4) hasil belajar harmoni I untuk kecerdasan musikal melodi yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada strategi pembelajaran ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal Fhitung = 10,24 > Ftabel = 2,742 pada α 0,05, (5) hasil belajar harmoni I untuk kecerdasan musikal irama yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori lebih tinggi daripada strategi pembelajaran kontekstual setelah mengontrol pengetahuan awal dengan Fhitung = 10,24 > Ftabel = 2,742 pada α 0,05, (6) hasil belajar harmoni I untuk kecerdasan musikal melodi lebih tinggi daripada kecerdasan musikal irama yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual setelah mengontrol pengetahuan awal dengan Fhitung = 12,69 > Ftabel = 2,742 pada α 0,05, dan (7) hasil belajar harmoni I untuk kecerdasan musikal melodi dan kecerdasan musikal irama yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekpositori tidak berbeda secara signifikan setelah mengontrol pengetahuan awal, dengan Fhitung = 6,2 > Ftabel = 2.742 pada α 0,05.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 371.3 Wid p
Keywords: Strategi Pembelajaran; Kecerdasan Musikal; Pengetahuan Awal.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 13 Aug 2020 05:19
Last Modified: 19 Oct 2020 01:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40323

Actions (login required)

View Item
View Item