Widiastuti, Uyuni (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Musikal Terhadap Hasil Belajar Harmoni I dengan Mengontrol Pengetahuan Awal Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Musik Unimed. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM 8174424029 COVER.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
2. NIM 8174424029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (764kB) | Preview
3. NIM 8174424029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
4. NIM 8174424029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM 8174424029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
6. NIM 8174424029 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
7. NIM 8174424029 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
8. NIM 8174424029 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
9. NIM 8174424029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (946kB) | Preview
13. NIM 8174424029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
14. NIM 8174424029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar Harmoni I antara strategi pembelajaran kontekstual dengan ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal, (2) perbedaan hasil belajar Harmoni I antara kecerdasan musikal melodi dengan kecerdasan musikal irama setelah mengontrol pengetahuan awal, (3) pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan musikal terhadap hasil belajar Harmoni I setelah mengontrol pengetahuan awal, (4) perbedaan hasil belajar Harmoni I yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan ekspositori dengan kecerdasan musikal melodi setelah mengontrol pengetahuan awal, (5) perbedaan hasil belajar Harmoni I yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan ekspositori dengan kecerdasan musikal irama setelah mengontrol pengetahuan awal, (6) perbedaan hasil belajar Harmoni I yang memiliki kecerdasan musikal melodi dan kecerdasan musikal irama yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual setelah mengontrol pengetahuan awal, dan (7) perbedaan hasil belajar Harmoni I yang memiliki kecerdasan musikal melodi dan kecerdasan musikal irama yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Sampel dalam penelitian ini adalah 89 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Musik FBS Unimed. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan ANAKOVA pada taraf signifikan = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar Harmoni I yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi dibandingkan ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal dengan Fhitung = 13,405 > Ftabel = 3,986 pada 0,05, (2) hasil belajar Harmoni I dengan kecerdasan musikal melodi lebih tinggi dibandingkan dengan kecerdasan musikal irama setelah mengontrol pengetahuan awal dengan Fhitung = 8,524 > Ftabel = 3,986 pada 0,05 (3) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan musikal terhadap hasil belajar Harmoni I setelah mengontrol pengetahuan awal dengan Fhitung = 83,208 > nilai Ftabel = 3,986 pada 0,05, (4) hasil belajar harmoni I untuk kecerdasan musikal melodi yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada strategi pembelajaran ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal Fhitung = 10,24 > Ftabel = 2,742 pada α 0,05, (5) hasil belajar harmoni I untuk kecerdasan musikal irama yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori lebih tinggi daripada strategi pembelajaran kontekstual setelah mengontrol pengetahuan awal dengan Fhitung = 10,24 > Ftabel = 2,742 pada α 0,05, (6) hasil belajar harmoni I untuk kecerdasan musikal melodi lebih tinggi daripada kecerdasan musikal irama yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual setelah mengontrol pengetahuan awal dengan Fhitung = 12,69 > Ftabel = 2,742 pada α 0,05, dan (7) hasil belajar harmoni I untuk kecerdasan musikal melodi dan kecerdasan musikal irama yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekpositori tidak berbeda secara signifikan setelah mengontrol pengetahuan awal, dengan Fhitung = 6,2 > Ftabel = 2.742 pada α 0,05.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Wid p |
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Kecerdasan Musikal; Pengetahuan Awal. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 05:19 |
Last Modified: | 19 Oct 2020 01:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40323 |