Hasanah, Nur (2020) Analisis Pengembangan Kreativitas Anak Di PAUD Darul Fathonah Kecamatan Medan Marelan. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM. 8176181012 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
02. NIM. 8176181012 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
03. NIM. 8176181012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
04. NIM. 8176181012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
05. NIM. 8176181012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
06. NIM. 8176181012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
07. NIM. 8176181012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. NIM. 8176181012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
09. NIM. 8176181012 BAB I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
13. NIM. 8176181012 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 8176181012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis program pengembangan kreativitas anak; (2) Menganalisis kreativitas anak dalam perencanaan pembelajaran; (3) Menganalisis kreavitas anak berdasarkan proses pembelajaran; (4) Menganalisis gambaran kreativitas anak berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran. penelitian ini dilaksanakan di PAUD Darul Fathonah Kecamatan Medan Marelan. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan anak-anak di PAUD Darul Fathonah. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan kreativitas anak dilakukan melalui program pengembangan kreativitas berupa ekstrakurikuler, kegiatan puncak tema, pentas seni, out bond, kegiatan belajar di luar kelas, perlombanaan antar TK/PAUD dan kunjungan wisata. Program pengembangan ini dibuat oleh kepala sekolah dan guru serta dukungan dari orang tua dan anak didik yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak; (2) Silabus pembelajaran PAUD dituangkan dalam bentuk perencanaan semester, perencanaan mingguan, perencanaan harian/pertemuan. Perencanaan dilakukan dengan memperhatikan aspek-aspek perkembangan meliputi nilai-nilai agama dan moral, motorik, kognitif, bahasa dan sosial-emosional; (3) pelaksanaan pembelajaran di PAUD Darul Fathonah dimulai dengan (a) happy moring, (b) kegiatan pembiasaan, (c) transisi, (d) pijakan lingkungan, (e) pijakan sebelum main, (f) pijakan selama main, (g) pijakan setelah main, (h) pengenalan shalat dan mengaj, dan (i) penutup. Pelaksanan pembelajaran menggunakan sentra persiapan dan dilakukan dalam suasan bermain yang aman, nyaman, bersih dan sehat; (4) Evaluasi pembelajaran di PAUD Darul Fathonah dilakukan dengan observasi setiap saat tidak selama KBM berlangsung sampai selesai pembelajaran melaluii percakapan, observasi, anekdot, dan hasil karya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.21 Has a |
Keywords: | Kreativitas; Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 12 Aug 2020 04:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2020 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40308 |