Arwinsyah, Diki (2018) Perbedaan Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika pada pembelajaran PBL berbantuan Geogebra dengan tanpa berbantuan Geogebra di SMPN 3 Langsa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146172014 COVER.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
2. NIM 8146172014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (913kB) | Preview
3. NIM 8146172014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM 8146172014 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM 8146172014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
6. NIM 8146172014 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7 NIM 8146172014 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 8146172014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (956kB) | Preview
12.NIM 8146172014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
13. NIM 8146172014 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diberi pembelajaran PBL berbantuan GeoGebra dengan siswa yang diberi pembelajaran PBL tanpa bantuan GeoGebra (2) perbedaan peningkatan motivasi siswa yang diberi pembelajaran PBL berbantuan GeoGebra dengan siswa yang diberi pembelajaran PBL tanpa bantuan GeoGebra (3) aktivitas belajar siswa proses pembelajaran PBL berbantuan GeoGebra dan siswa yang diberi pembelajaran PBL tanpa bantuan GeoGebra (4) proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran PBL berbantuan GeoGebra dan siswa yang diberi pembelajaran PBL tanpa bantuan GeoGebra. Penelitian ini berbentuk penelitian eksperimen. Treatment (perlakuan) penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Langsa yang memiliki rombongan Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Langsa. Berdasarkan teknik pengambilan sampel tersebut diperoleh sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen 1 sebanyak 30 orang siswa dan kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen 2 sebanyak 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari tes pengetahuan awal matematika siswa, kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, angket motivasi siswa, dan angket respon siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Mann Whitney U, Anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika pada pembelajaran PBL berbantuan Geogebra dengan tanpa berbantuan Geogebra di SMPN 3 Langsa. Terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa antara yang diberi pembelajaran PBL berbantuan Geogebra dengan pembelajaran PBL tanpa berbantuan Geogebra. Proses jawaban siswa dalam penyelesaian soal-soal kemampuan pemecahan masalah yang diberi pembelajaran PBL berbantuan Geogebra lebih baik, sesuai dengan prosedur dan jawaban siswa lebih bervariasi dibanding dengan siswa yang diberi pembelajaran PBL tanpa berbantuan Geogebra. Aktivitas siswa dengan pembelajaran PBL berbantuan Geogebra dan pembelajaran PBL tanpa berbantuan Geogebra dalam kategori aktif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.072 Arw p |
Keywords: | kemampuan pemecahan masalah; motivasi belajar; pembelajaran PBL; software geogebra |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 12 Aug 2020 04:02 |
Last Modified: | 12 Aug 2020 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40307 |