Hutagaol, Natal Tarida (2012) HUBUNGAN KOMPETISI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI SOSIAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KEPUASAN KERJA GURU SMP NEGERI DI KOTA PEMATANG SIANTAR. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106132013 Judul.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
2. 8106132013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
3. 8106132013 Abstrak.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
4. 8106132013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
5. 8106132013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
6. 8106132013 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7. 8106132013 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
8. 8106132013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
9. 8106132013 Bab I.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
10. 8106132013 Bab V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
11. 8106132013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi kepribadian kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru SMP Negeri di Kota Pematangsiantar, hubungan antara kompetensi sosial kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru SMP Negeri di Kota Pematangsiantar dan hubungan secara bersama-sama antara kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru SMP Negeri di Kota Pematangsiantar. Untuk menjawab permasalahan penelitian, tiga hipotesis diajukan yaitu : pertama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru SMP Negeri di Kota Pematangsiantar. Kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi sosial kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru SMP Negeri di Kota Pematangsiantar. Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru SMP Negeri di Kota Pematangsiantar.Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri di Kota Pematangsiantar yang berjumlah 878 orang, sedangkan sampel penelitian berjumlah 132 orang atau 15 % dari populasi, penentuan sampel adalah mengunakan porposive random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan instrumen penelitian yaitu : kuesioner, instrumen variabel kepuasan kerja guru sebanyak sebanyak 31 butir, instrumen variabel kompetensi kepribadian kepala sekolah sebanyak sebanyak 31 butir dan instrumen variabel kompetensi sosial kepala sekolah sebanyak sebanyak 31 butir. Uji coba ini dilakukan di SMP Negeri Kota Pematangsiantar. Pelaksanaan uji coba dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada guru yang terpilih sebagai responden uji coba, 2 minggu sebelum pemberian angket kepada responden penelitian. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi pada taraf kepercayaan 95 % atau  = 0,05. Temuan penelitian ini menerima ketiga hipotesis yang diajukan, diperoleh ry1.2 = 0,644, ry2.1 = 0,556, dan Ry12 = 0,759, dengan kontribusi kompetensi kepribadian kepala sekolah dan kompetensi sosial kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru masing-masing sebesar 34,50% dan 23,15%, dan secara bersama-sama sebesar 57,65%. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa variabel kompetensi kepribadian kepala sekolah dan kompetensi sosial kepala sekolah dapat dijadikan sebagai prediktor dalam menentukan kepuasan kerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.207 Hut h |
Keywords: | Kepuasan kerja; Kompetensi kepribadian; Kompetensi sosial; Kepala sekolah |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 May 2016 06:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4026 |