SIREGAR, SRI LESTARI (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MENULIS TEKS CERPEN BERBASIS PORTOFOLIO DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PANAI TENGAH. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166192025 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM 8166192025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (972kB) | Preview
3. NIM 8166192025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 8166192025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM 8166192025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. NIM 8166192025 TABLES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM 8166192025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 8166192025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM 8166192025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
13. NIM 8166192025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
14. NIM 8166192025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini menghasilkan instrumen penilaian menulis teks cerpen berbasis portofolio. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) yang mengacu pada pengembangan Borg dan Gall (dalam Tegeh dkk, 2014:7-13). Proses pengembangan modul dilakukan dengan tiga tahapan yaitu tahap studi pendahuluan, pengembangan produk awal dan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan oleh ahli materi ahli materi terdiri dari 4 aspek yaitu aspek kalayakan isi diperoleh rata-rata 77 dengan kriteria efektif, Aspek kelayakan penyajian diperoleh rata-rata 92,5 dengan kriteria sangat efektif, aspek kelayakan bahasa diperoleh rata-rata 77 dengan kriteria efektif, dan aspek penilaian kotekstual diperoleh rata-rata 79,9 dengan kriteria efektif, Penilaian kelayakan oleh ahli evaluasi instrumen diperoleh rata-rata 85 dengan kriteria sangat efektif. Penilaian menginterpretasi makna teks cerita pendek, baik secara lisan maupun tulisan memenuhi kriteria reliabel dengan reliabilitas sebesar 0,7, Penilaian mengidentifikasi abstrak, orientasi, komplikasi, resolusi, evaluasi, dan koda memenuhi kriteria reliabel dengan reliabilitas sebesar 0,7 dan Penilaian menulis teks cerita pendek memenuhi kriteria reliabel dengan reliabilitas sebesar 0,97. Penelitian ini berimpilkasi dalam penggunaan instrumen penilaian menulis teks cerpen berbasis portofolio.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 808.02 Sir p |
Keywords: | instrumen, pengembangan, portofolio |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 09:37 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40258 |