Pangestika, Cindy Ria (2019) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI KOLOID KURIKULUM 2013 DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA CHEMONDRO. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151131006 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4151131006 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
3. NIM 4151131006 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
4. NIM 4151131006 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
5. NIM 4151131006 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
9. NIM 4151131006 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
13. NIM 4151131006 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
14. NIM 4151131006 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media Chemondro lebih tinggi dari pada model pembelajaran Direct Instruction menggunakan media Chemondro pada materi Koloid. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri semester genap yang menggunakan kurikulum 2013 T.A 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling dari enam kelas siswa kelas XI IPA diambil dua kelas yaitu kelas XI IPA 6 (eksperimen I) dan XI IPA 5 (eksperimen II). instrumen tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal yang telah valid dan reliabel. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest dan gain pada kelas eksperimen I dan II berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh z hitung > z tabel (16,53 > 1,75). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I yaitu sebesar 70,8% dan pada kelas eksperimen II yaitu sebesar 67,2% Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning menggunakan media Chemondro pada materi Koloid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 109 |
Keywords: | Problem based learning; Direct instruction; Chemondro; Koloid; Hasil belajar; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 02:26 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 02:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40255 |