Silaban, Chintya Chiristy (2019) PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI MODUL PEMBELAJARAN KIMIA MATERI HIDROLISIS GARAM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153331006 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 4153331006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
3. NIM. 4153331006 ABSTRAK.pdf.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 4153331006 KATA PENGANTAR.pdf.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
5. NIM. 4153331006 DAFTAR ISI.pdf.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
9. NIM. 4153331006 BAB I.pdf.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
13. NIM. 4153331006 BAB V.pdf.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 4153331006 DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan modul pembelajaran kimia materi hidrolisis garam berbasis problem based learning untuk siswa kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 yang valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development) dilakukan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMA Swasta Parulian 1 Medan dengan objek penelitian adalah modul pembelajaran kimia berbasis problem based learning. Data yang diperoleh pada penelitian ini berupa data kelayakan modul berbasis PBL dan standar Kurikulum 2013, serta hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan Modul pembelajaran kimia hasil pengembangan memperoleh skor hasil validasi sesuai standar Kurikulum 2013 sebesar 3,91 dan skor hasil validasi sesuai basis problem based learning sebesar 4,5 dengan kriteria valid. Hasil implementasi modul pembelajaran yang dilakukan menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 44, 66% sedangkan kelas control sebesar 37,36%. Uji hipotesis yang dilakukan adalah uji t pihak kanan terhadap data gain dengan uji prasyarat berupa uji normalitas gain dan homogenitas. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 2,1943 sedangkan ttabel = 1,6703, menunjukkan thitung > ttabel sehingga Ha diterima yaitu peningkatan hasil belajar siswa pada materi Hidrolisis Garam yang dibelajarkan menggunakan modul pembelajaran Kimia SMA berbasis Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan bahan ajar Kimia SMA buku siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 108 |
Keywords: | Kurikulum 2013; Modul pembelajaran; Problem based learning; Hidrolisis garam; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 02:09 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40254 |