PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI PRAKTIKUM PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA

Simamora, Aprianta Magdalena (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI PRAKTIKUM PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4153131004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4153131004 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4153131004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4153131004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4153131004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4153131004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4153131004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4153131004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4153131004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4153131004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4153131004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4153131004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4153131004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4153131004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4153131004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4153131004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing dan Problem Based Learning (PBL) terintegrasi praktikum pada materi hidrolisis garam di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen I yang dibelajarkan dengan model Inkuiri Terbimbing dan kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan model PBL, masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan Inkuiri Terbimbing (X ̅=82,05) lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model PBL (X ̅=76,88), dan rata-rata keterampilan proses sains siswa menggunakan Inkuiri Terbimbing (X ̅=80,1) lebih tinggi dari rata-rata keterampilan proses sains menggunakan model PBL (X ̅=74,5). Hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t dua pihak dan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (3,58 > 2,045) untuk hasil belajar, dan thitung > ttabel (2,642 > 2,045) untuk keterampilan proses sains siswa sehingga dalam penelitian ini hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, diperoleh bahwa ada perbedaan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model Inkuiri Terbimbing dan model PBL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 KIM 118
Keywords: Hasil belajar; Keterampilan proses sains; Hidrolisis garam; Inkuiri terbimbing; Problem based learning; Praktikum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Aug 2020 15:10
Last Modified: 06 Aug 2020 04:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40236

Actions (login required)

View Item
View Item