PANGGABEAN, MARIUS CHRISTIAN (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL DENGAN APLIKASI BANDICAM SCREEN RECORDER TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS XI DPIB PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5163111025 COVER.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
2. NIM. 5163111025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (829kB) | Preview
3. NIM. 5163111025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
4. NIM. 5163111025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
5. NIM. 5163111025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM. 5163111025 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 5163111025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM. 5163111025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
9. NIM. 5163111025 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (708kB) | Preview
13. NIM. 5163111025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
14. NIM. 5163111025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Rendahnya keaktifan belajar disebabkan mendominasinya metode ceramah dan visual dalam proses pembelajaran yang menyebabkan siswa kurang semangat atau antusias terhadap mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Pembelajaran Video Tutorial dengan Aplikasi Bandicam Screen Recorder terhadap keaktifan belajar Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung (AutoCad) kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data adalah instrumen angket keaktifan belajar dengan butir angket sebanyak 29 setelah di uji validitas dan reliabilitas. Dari data yang diperoleh keaktifan belajar, pada kelompok eksperimen rata-rata nilai keaktifan belajar siswa 85,69. Pada kelompok kontrol rata-rata nilai keaktifan belajar siswa 74,69. Pada perhitungan normalitas kelompok eksperimen Lhitung = 0,1906 lebih kecil dari Ltabel = 0,213 dan kelompok kontrol Lhitung = 0,1707 lebih kecil dari Ltabel = 0,213. Disimpulkan masing-masing sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Perhitungan homogenitas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BAN 026 |
Keywords: | KEAKTIFAN BELAJAR; VIDEO TUTORIAL; AUTOCAD; BANDICAM SCREEN RECORDER; APLIKASI PERANGKAT LUNAK |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4001 Applications of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:29 |
Last Modified: | 08 Sep 2020 02:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40214 |