Sinwani, Muhammad Iqbal (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF DI SMK NEGERI 1 KUTALIMBARU. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5153121018 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 5153121018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
3. NIM. 5153121018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. NIM. 5153121018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM. 5153121018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 5153121018 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 5153121018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 5153121018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
12. NIM. 5153121018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
13. NIM. 5153121018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) Hasil belajar alat ukur siswa masih belum memenuhi standar KKM, 2). Kurangnya peran aktif siswa dikelas, 3). Pembelajaran di kelas masih berorientasi pada guru, 4). Penggunaan model pembelajaran belum memberi peran aktif pada siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Penggunaan Alat Ukur Mekanik di SMKN 1 KUTALIMBARU dengan menerapkan model pembelajaran Proeject Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan populasi siswa kelas X TKR SMKN
1 KUTALIMBARU yang berjumlah 60 siswa terbagi dalam kelas X TKR 1 sampai X TKR 2, siswa kelas X TKR 1 sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas X TKR 2 sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan teknik sampel random sampling. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan tes.
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji t untuk menguji hipotesis pada taraf kepercayaan 5 %. Berdasarkan Pengolahan data dengan uji t test diperoleh pada kelas eksperimen diketahui bahwa pada kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa memiliki mean 77.33, sedangkan pada kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa memiliki mean 62,33 dan nilai thitung = 5.823. Karena jumlah sampel yang
diteliti adalah 60 siswa, maka db = 70 – 2 = 68. Berdasarkan db = 68, pada taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 1,995 dan berdasarkan nilai-nilai t ini dapat
dituliskan ttabel = (5% = 1,995) < tℎitung = (5.823). Ini berarti bahwa thitung berada diatas atau lebih dari ttabel pada taraf signifikansi 5% (0,05). Artinya bahwa Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar pekerjaan dasar teknik otomotif SMKN 1 KUTALIMBARU.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MSN 022 |
Keywords: | pjbl, hasil belajar siswa alat ukur |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA213 Engineering machinery, tools, and implements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:29 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 02:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40193 |