RIAMA SILALAHI, MARTHA (2020) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB DAN KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI JAMUR DI KELAS X IPA SMA SWASTA ANGKASA 1 LAUD MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM. 4143341023.COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2.NIM. 4143341023 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (797kB) | Preview
3.NIM.4143341023 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4.NIM.4143341023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5.NIM.4143341023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6.NIM.4143341023 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7.NIM.4143341023 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8.NIM.4143341023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9.NIM.4143341023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
13.NIM.4143341023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14.NIM.4143341023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi jamur dari aspek kognitif dan mengetahui faktor yang penyebab kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi pokok Jamur kelas X IPA SMAS ANGKASA 1 LANUD MEDAN T.P 2019/2020. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA yang berjumlah 38 siswa. Sampel penelitian ini diambil secara Purposive Sampling yang sesuia dengan jumlah siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar siswa pada materi pokok Jamur dan angket kesulitan belajar. Hasil belajar siswa dari aspek kognitif dalam mempelajari materi pokok Jamur yaitu pada C- 1 sebesar 42,85% tingkat C-2 sebesar 40,58%, aspek C-3 adalah sebesar 54,92%, aspek C-4 adalah sebesar 41,72 aspek C-5 adalah sebesar 46,98%.aspek C-6 adalah sebesar 53,96 dengan kategori sangat tinggi. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar berdasarkan hasil analisis yaitu pada faktor kesehatan sebesar 45,38% dengan kateori menghambat, faktor intelegensi sebesar 56,55% dengan kategori menghambat, faktor minat siswa sebesar 73,40% dengan kategori cukup menghambat, faktor orangtua sebesar 58,60% dengan kategori menghambat, faktor metode mengajar guru sebesar 69,26% cukup menghambat, faktor lingkungan sekolah sebesar 43,23% dengan kategori menghambat, dan pada faktor materi sebesar 49,45% dengan kategori menghambat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BIO 068 |
Keywords: | KESULITAN BELAJAR |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:29 |
Last Modified: | 16 Oct 2020 01:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40178 |