ELVINA, LIZA (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF DENGAN KONTEKS BUDAYA MELAYU DI SMP NEGERI 1 TALAWI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4153111042 COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM. 4153111042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
3. NIM. 4153111042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 4153111042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
5. NIM. 4153111042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
6. NIM. 4153111042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM. 4153111042 TABLES.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
8. NIM. 4153111042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
9. NIM. 4153111042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
13. NIM. 4153111042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
14. NIM. 4153111042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Apakah kemampuan representasi matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran interaktif setting kooperatif dengan konteks budaya Melayu (PISKBM) lebih tinggi daripada siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung, (2) Apakah ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan representasi matematis siswa, (3) Proses jawaban siswa terkait kemampuan representasi matematis yang diajarkan dengan model PISKBM dan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Talawi T.A. 2019/2020 dan mengambil sampel penelitian sebanyak dua kelas (kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 yang terdiri dari 58 siswa. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan model PISKBM dan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan representasi matematis. Analisis data dilakukan dengan uji ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan representasi matematis siswa yang diterapkan model PISKBM lebih tinggi daripada siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung, (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran (PISKBM dan pembelajaran langsung dengan kemampuan awal matematika siswa (KAM) terhadap kemampuan representasi matematis siswa, (3) Proses penyelesaian jawaban siswa terhadap kemampuan representasi matematis yang diterapkan model PISKBM lebih baik daripada siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 064 |
Keywords: | REPRESENTASI MATEMATIS, PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:29 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40174 |