INDRIANI, EKA (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KINEMASTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 05 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2151111016 COVER.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
2. NIM. 2151111016 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (656kB) | Preview
3. NIM. 2151111016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
4. NIM. 2151111016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
5. NIM. 2151111016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
6. NIM. 2151111016 TABLES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7. NIM. 2151111016 TABLE DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM. 2151111016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM. 2151111016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
13. NIM. 2151111016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
14. NIM. 2151111016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Kinemaster Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VII SMP Swasta Muhammadiyah 05 Medan berjumlah 128 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa yang diambil dengan teknik random sampling (acak kelas). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain two group post-test design. Instrument yang digunakan adalah tes hasil menulis teks prosedur dalam bentuk essay. Hasil pengolahan data menunjukkan adanya perbedaan hasil kemampuan menulis teks prosedur. Tes pada kelas control dengan nilai rata-rata 70, standar deviasi 10,45 dan standar error 1,87 sedangkan kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 82, standar deviasi 10,85 dan standar error 1,95. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung= 150, selanjutnya disesuaikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan dk = (N1 + N2) – 2 = (32 + 32) – 2 = 62. Pada tabel t dengan dk = 70 diperoleh taraf signifikan 5% = 1,57. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 150 > 1,57 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa media Kinemaster efektif terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 IND 071 |
Keywords: | media kinemaster, kemampuan menulis, teks prosedur, dan model pembelajaran |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:29 |
Last Modified: | 12 Oct 2020 01:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40165 |