ANANDA, WILDYA RICKY (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4161131041 COVER.pdf - Published Version
Download (909kB) | Preview
2. NIM 4161131041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 4161131041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (973kB) | Preview
4. NIM 4161131041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM 4161131041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (981kB) | Preview
6. NIM 4161131041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (905kB) | Preview
7. NIM 4161131041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (902kB) | Preview
8. NIM 4161131041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (906kB) | Preview
9. NIM 4161131041 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 4161131041 BAB V.pdf - Published Version
Download (904kB) | Preview
14. NIM 4161131041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dengan menggunakan media animasi dan motivasi terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan penyangga, juga interaksi antara model pembelajaran menggunakan media animasi dan motivasi. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan T.P 2019/2020 yang diambil secara random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan anava faktorial 2x2. Adapun faktor yang diuji cobakan yaitu faktor A1 = model PBL dengan media Macromedia Flah, A2 = model PBL dengan media Power Point, B1 = motivasi tinggi dan B2 = motivasi rendah. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05, diperoleh bahwa Fhitung(A) sebesar 9,08, Fhitung(B) sebesar 17,33, dan Fhitung(AB) sebesar 6,08, sedangkan harga Ftabel (0,05) (1,46) = 4,05 maka Fhitung > Ftabel yang berarti ada pengaruh dan interaksi model pembelajaran menggunakan media animasi dan motivasi terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan model PBL menggunakan media Macromedia Flash pada siswa bermotivasi tinggi menunjukkan rataan tertinggi yaitu 85,66, dan rataan pada siswa bermotivasi rendah yaitu 82,50. Selanjutnya siswa yang diajarkan dengan model PBL menggunakan media Power Point pada siswa bermotivasi tinggi menunjukkan rataan 84,64, dan rataan pada siswa bermotivasi rendah yaitu 72,27.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 083 |
Keywords: | Problem Based Learning, Media Animasi, Motivasi, Larutan Penyangga |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:28 |
Last Modified: | 06 Oct 2020 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40163 |