GINTING, JULI HAPPY E.K. CHRISNA BR (2019) INTERFERENSI GRAMATIKAL BAHASA KARO DALAM BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN SISWA KELAS X SMA BINA BANGSA TIGA JUHAR TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2132111008 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 2132111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3. NIM 2132111008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM 2132111008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM 2132111008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
6. NIM 2132111008 TABLES.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7. NIM 2132111008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 2132111008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
12. NIM 2132111008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
13. NIM 2132111008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interferensi gramatikal bahasa karo dalam bahasa Indonesia pada karangan narasi siswa kelas X SMA Bina Bangsa Tiga Juhar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Bina Bangsa Tiga Juhar Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 124 orang.
Sampel pada penelitian ini terdiri dari 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu siswa ditugaskan menulis teks narasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisis dokumen. Bentuk-bentuk interferensi yang ada dalam karangan siswa kelas X SMA Bina Bangsa Tiga Juhar terjadi pada prefiks, sufiks,konfiks sedangkan dalam bentuk infiks tidak terjadi sama sekali. Bentuk yang paling sering tejadi adalah pada bentuk sufiks yaitu –en dan –na. Terdapat interferensi bahasa Karo pada karangan narasi yang ditulis oleh siswa kelas X SMA Bina Bangsa Tiga Juhar sebanyak 0,06 %. Yaitu dari 32 karangan berjumlah 5267 kata, karangan terinterferensi sebanyak 32 kata. Saran yang ingin disampaikan oleh peneliti diantaranya : (1) Dalam kegiatan
belajar mengajar guru sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. (2) Pada saat menulis karangan, hendaknya siswa dibiasakan untuk menulis
karangan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jika terdapat interferensi guru hendaknya langsung memperbaiki interferensi tersebut. (3)Siswa hendaknya lebih sering berlatih menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam situasi formal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 IND 073 |
Keywords: | Interferensi, Gramatikal, Bahasa Karo, Karangan Narasi |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:27 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40138 |