SAGALA, JULI TRIMENDA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SMP SWASTA BRIGJEND KATAMSO MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4153111036 COVER.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
2. NIM. 4153111036 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
3. NIM. 4153111036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
4. NIM. 4153111036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
5. NIM. 4153111036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
6. NIM. 4153111036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
7. NIM. 4153111036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
8. NIM. 4153111036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 4153111036 BAB I.pdf - Published Version
Download (619kB) | Preview
13. NIM. 4153111036 BAB V.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
14. NIM. 4153111036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dengan model pembelajaran Problem Solving di kelas VIII-6 SMP Swasta Brigjend Katamso Medan T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-6 SMP Swasta Brigjend Katamso Medan yang berjumlah 40 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII-6 SMP Swasta Brigjend Katamso Medan T.A 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diajar dengan model pembelajaran Problem Solving. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan berpikir kreatif untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Bentuk soal untuk setiap tes adalah uraian. Prosedur yang pertama pada penelitian ini adalah memberi tes kemampuan awal kepada kelas yang diteliti, guna untuk melihat kemampuan berpikir kreatif matematika awal siswa. Kedua mengadakan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Problem Solving dengan materi kubus dan balok. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata – rata kelas VIII-6 adalah 42,34. Setelah pemberian tindakan melalui model pembelajaran Problem Solving pada siklus I, nilai rata – rata tes kemampuan berpikir kreatif I adalah 79,37 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal sebanyak 22 orang (55%). Setelah dilakukan perbaikan dari siklus I pada siklus II, nilai rata – rata tes kemampuan berpikir kreatif II adalah 80 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal sebanyak 35 orang (87,5%). Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa SMP Swasta Brijend Katamso Medan pada materi kubus dan balok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 070 |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kreatif, Problem Solving |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:27 |
Last Modified: | 10 Sep 2020 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40130 |